Berita

PPKM Darurat, Pemerintah Pantau Pergerakan Warga

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah ikut memantau pergerakan masyarakat demi mencegah terjadinya kerumunan selama pelaksanaan PPKM Darurat. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Koordinator PPKM Darurat menyebutkan, pemantauan pergerakan warga memanfaatkan data dari Facebook Mobility Dashboard, Google Traffic, dan data Night Light dari NASA Amerika Serikat.

“Sehingga dengan begitu kita bisa melihat pelaksanaan dari PPKM ini apakah terlaksana dengan baik,” ujar Luhut dalam keterangan pers usai rapat terbatas, Selasa (06/07/2021).

Pemantauan mobilitas warga dilakukan dengan membandingkan frekuensi dan volume pergerakan masyarakat selama periode PPKM darurat dengan periode baseline sebagai basis perhitungan, yakni periode 24 Mei – 6 Juni 2021.

Luhut menjelaskan, dibutuhkan penurunan mobilitas minimal 30 persen untuk mengoptimalkan pelaksanaan PPKM darurat. Bahkan menurut perhitungan, mobilitas masyarakat perlu ditekan 50 persen agar ampuh melawan penularan varian Delta.

Pemerintah pusat pun sudah berkoordinasi dengan pemda dan TNI-Polri untuk memastikan pergerakan warga menurun.

“Sekarang ini (penurunan) masih di angka 26 (persen) yang paling tertinggi. Kita berharap dalam pekan ini bisa mendekati 50 (persen). Saya kira pekan depan akan mulai mendatar dan perlahan menurun,” kata Luhut.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close