Berita

Dinkes Kota Malang Mendata Persentase Pasien Sembuh Covid-19 Capai 81 persen

BIMATA.ID, Malang — Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, prose kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Malang mengalami peningkatan yang baik,merinci dari data jumlah per 14 Juli 2021, yakni dari total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 8.091 kasus, sekitar 6.407 diantaranya telah sembuh dari Covid-19.

Sebelumnya, Prosentase kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Malang pernah mencapai 90 persen seperti yang telah ditetapkan dari standar WHO.

“Artian turun ini bukan anjlok, karena ada pertambahan kasus positif harian. Jadi prosentase kesembuhan ini dibagi angka kasus aktif harian. Jadilah 81,7 persen itu,” ujarnya, Kamis (15/07/2021).

Seperti yang diketahui, kasus harian terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Malang kembali meningkat tajam, seperti halnya rekor yang telah terjadi pada Selasa (13/7). Ada sebanyak 310 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam sehari.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk memacu angka kesembuhan Covid-19 kembali merangkak naik.

“Harus optimis naik terus (angka kesembuhan Covid-19). Kita juga terus upayakan perbaikan layanan treatmentnya. Baik di rumah sakit dan juga memperluas 2T (testing dan tracing),” ungkapnya.

Guna menggenjot testing dan tracing tersebut, lanjut Husnul, memang masih menjadi pekerjaan rumah besar bagi Pemkot Malang. Ini karena Pemkot Malang masih belum bisa memberikan layanan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) secara gratis.

“Kita sampai saat ini juga belum bisa memberikan layanan tes Swab gratis. Kita fokus aktif sementara di tracing saja baru ke testing,” katanya.

Seiring dengan itu, capaian vaksinasi di Kota Malang ini juga terus digencarkan dari total jatah vaksin yang telah diterima sebanyak 346.640 dosis, sudah disuntikan sejak awal vaksinasi dengan total 303.490 dosis.

Pemkot Malang optimistis percepatan vaksinasi dapat menciptakan program Herd Imunity atau kekebalan kelompok.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close