BeritaHeadlinePolitik

PBNU Nilai Komjen Listyo Sigit Prabowo Merupakan Sosok Profesional Dan Berpengalaman

BIMATA.ID, Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan sosok profesional dan berpengalaman. Keputusan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sigit sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian RI (Kapolri) dipandang tepat.

“Saya kira keputusan Presiden adalah langkah yang tepat. Kita harus memahami, bahwa harus ada kesenyawaan juga dengan Presiden, karena Kapolri tentu akan melekat untuk bisa melihat garis-garis kebijakan Presiden apa. Jadi, harus orang yang bisa mengerti dan dari sisi itu saya kira Pak Sigit punya jam terbang sekaligus beliau adalah Jenderal yang profesional,” tutur Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU, Helmy Faishal, Rabu (13/1/2021).

Dirinya pun mengapresiasi kinerja Sigit selama bertugas sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri. Misalnya terkait pengungkapan jaringan terorisme.

“Semasa beliau menjabat Kabareskrim, kita bisa lihat penanganan terorisme, menunjukkan negara hadir dalam situasi ini. Itu kan peran dari Bareskrim juga menentukan,” tandas Helmy.

“Isu-isu besar yang selama ini tertutup dan tidak terungkap, di masa Pak Sigit ini dilakukan upaya-upaya penangkapan. Tentu tantangan-tantangan ke depan besar sekali, diperlukan kesigapan dan tentu sikap tegas Kapolri nanti ke depan,” tambah Helmy.

Akan tetapi, dirinya menguraikan, terdapat sejumlah tugas yang harus dijalankan Sigit apabila disetujui DPR RI menjadi Kapolri. Tugas tersebut antara lain terkait pemberantasan narkoba dan radikalisme.

“Jadi tantangan ke depan adalah radikalisme, terorisme, dan pemberantasan narkoba. Itu saya kira yang selama ini menjadi keprihatinan kita bersama. Kemudian, masalah keamanan dalam negeri,” urai Helmy.

Dirinya menyebut, Sigit juga dekat dengan kalangan ulama dan berharap dapat memberikan pengaruh besar apabila dilantik menjadi Kapolri.

“Pak Sigit itu rajin bersilaturahmi ke para ulama, para kiai. Mudah-mudahan beliau bisa amanah, profesional, dan bisa mengembalikan citra polisi agar bisa diterima oleh masyarakat. Mudah-mudahan peran Pak Sigit akan besar sekali dan saya percaya insyaallah beliau mampu melakukan itu,” ucap Helmy.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close