Regional

Selain Populer Dikalangan Masyarakat Sleman, DWS Juga Dikenal Di Tengah Pengemudi Jip

BIMATA.ID, Sleman — Selain dikenal dikalangan masyarakat Sleman Calon pimpinan Kabupaten Bupati ini, Danang Wicaksana Sulistya (DWS) juga populer ditengah pengemudi Jip.

Hal itu terungkap saat DWS mengisi akhir pekan dengan mencoba wisata kenormalan baru di Kawasan Wisata Tlogoputri, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (25/7/2020).

Meskipun tidak berombongan, kedatangan DWS dengan mudah dikenali oleh para pengemudi jip wisata di lokasi itu. Sejumlah pengemudi jip wisata yang sedang mangkal di area parkir Tlogoputri mengajak DWS untuk berbincang. Mereka membagikan berbagai cerita dan keluh kesah.

“Sepi pak, ini sudah mendingan ada satu dua tamu yang naik jip. Kemarin tutup, lumpuh total selama empat bulan,” kata salah seorang pengemudi.

Perbincangan tidak direncanakan itu berlangsung hingga sekitar 1 jam. Pada kesempatan itu, para pengemudi dengan leluasa menyampaikan harapan untuk penataan industri jasa wisata, khususnya di Kaliurang.

Heri Giarto, salah satu pemilik jip menyebut, setidaknya ada 800 orang pemilik jip yang menggantungkan hidup dari kegiatan pariwisata lereng Merapi. Mereka tergabung dalam Asosiasi Jip Lereng Merapi (AJLM).

“Kalau dikalkulasi dengan pengemudi, bengkel dan keluarganya, jasa jip wisata ini menghidupi 5000 jiwa lebih,” kata Heri.

Saat pandemi covid-19 melanda, masyarakat yang hidup dari industri wisata menjadi kelompok yang terdampak langsung. Heri masih bersyukur, ada beberapa sumber pendapatan lain untuk bertahan hidup.

DWS menyewa satu jip untuk berkeliling rute baru di wilayah Kaliurang Timur. Di sela perjalanan menyusuri rute, DWS meminta Antun, sang pengemudi berhenti untuk sekadar menyapa warga yang dijumpainya. Rute yang melintasi tegakan vegetasi, bangunan kuno dan sungai itu betul-betul membuat DWS seakan lepas dari beban.

“Ini seru. Apalagi SOP nya juga bagus,” ungkapnya mendefinisikan kesannya menjajal rute baru itu.

Usman

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close