BeritaRegional

Pedagang Pasar Kebayoran Lama Minta ASN Sering Berpatroli

BIMATA.ID, Jakarta – Sejumlah pedagang di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) lebih sering berkeliling pasar untuk menegur pedagang yang tidak menggunakan masker.

Mereka menilai kehadiran ASN di Pasar Kebayoran Lama bisa membantu pihak keamanan pasar untuk menertibkan pedagang pasar yang tak menggunakan masker.

“ASN harus disiplin, stand by di pasar, dan harus keliling. Jangan keliling di depan saja. Ya depan memang patokan, tapi ya belakang juga di cek,” kata seorang pedagang Pasar Kebayoran Lama, Ifson saat ditemui wartawan, dilansir dari Kompas [com].Selasa (7/7/2020).

Ia berharap para ASN bisa berkeliling Pasar Kebayoran Lama minimal tiga kali dalam satu hari. Ifson merespons positif kehadiran ASN untuk memantau penerapan PSBB Transisi di Pasar Kebayoran Lama.

“ASN bagus untuk mengawasi pembeli, pengunjung, dan karyawan. Kalau ada bisa kesalahan ga pakai masker bisa ditegur,” ujar Ifson.

Pedagang Pasar Kebayoran Lama lainnya, Rauf meminta para ASN bisa berkeliling pasar setiap 20 menit sekali. Para ASN juga sebaiknya ditempatkan di setiap lantai Pasar Kebayoran Lama.

“Setiap saat bahaya ASN ingatkan bahaya Covid-19. Jangan jenuh-jenih dan jangan bosan-bosan ingatkan. Kita semua lelah di masa Covid-19 ini. Pendapatan berkurang, sementara pengeluaran tetap,” unar Rauf saat ditemui di lokasi

Ia berharap para ASN bisa berkeliling tanpa harus menunggu ada kerumunan di Pasar Kebayoran Lama Menurut dia, kehadiran para ASN bisa membantu petugas keamanan untuk menegur para pedagang yang tak memakai masker.

“Kalau sesama petugas, kan ada ga masalah ditegur. Lebih patuh. Kalau sesama teman negur, ya cuma ketawa aja, didiemin. Bisa berantem malah nanti kalau ditegur,” ujar dia.

Aparatur Sipil Negara (ASN) hari ini mulai bertugas memantau kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan di 26 pasar di Jakarta Selatan, Selasa (7/7/2020) pagi. Manajer Area 11 Perumda Pasar Jaya, Cezania Nelsa, mengatakan hari ini ASN mulai berpatroli keliling Pasar Kebayoran Lama dan mengecek protokol kesehatan.

Adapun jumlah ASN yang bertugas di Pasar Kebayoran Lama, lanjut Nelsa, sekitar 16 orang. Para ASN terdiri Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (DPPKUM); Satpol PP, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Editor : Ozie

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close