BeritaNasionalPolitik

Legislator Demokrat Minta Dana Haji 2020 Dialihkan Ke Penanggulangan Covid-19

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Nanang Samodra meminta anggaran haji tahun 2020 dialihkan untuk membantu penanggulangan virus corona (Covid-19). Hal ini disampaikan saat Rapat Kerja (Raker) Komisi VIII DPR RI bersama Menteri Agama (Menag) RI Fachrul Razi secara virtual, Rabu (8/4/2020).

“Jadi, saya ingin mengajak Pak Menteri mengasumsikan atau membuat semacam skenario apabila ini ditunda, kira-kira dana untuk keperluan haji ini bisa dialihkan untuk menangani Covid-19,” urainya, dikutip dari alinea[dot]id.

Politikus Partai Demokrat ini juga meminta kepada Menag RI untuk melakukan komunikasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar dapat mengeluarkan Fatwa mengenai perluasan penerima zakat.

“Ada baiknya dengan kondisi Covid-19 seperti ini diperlukan semacam fatwa bahwa penerima zakat itu lebih luas lagi atau berbeda dengan yang sudah-sudah. Karena banyak orang yang susah sekarang ini. Oleh karena itu mereka layak juga menerima zakat fitrah,” tambahnya.

Mengenai hal tersebut, Menag RI Fachrul Razi akan mendiskusikan terlebih dahulu dengan jajarannya.

“Mudah-mudahan nanti dana yang diberikan menteri keuangan akan cukup sehingga tidak perlu mengalihkan dana itu,” tuturnya.

Penulis: MBN

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close