PertanianRegionalUMKM

Manfaat KUR Mulai Dirasakan Petani Garut

BIMATA.ID, Garut– program Kredit Usaha Rakyat (KUR) makin diminati para petani di wilayah Kabupaten Garut. Pasalnya, manfaatnya mulai dirasakan oleh para petani. Salah satunya Uju Juandi dan anggota Kelompok Tani Sinar Fauzan, Desa Sukaratu, Kecamatan Banyuresmi. Menurut Uju, para petani anggota kelompoknya banyak yang mengambil pinjaman KUR, khususnya untuk modal awal usaha taninya. Dan untuk pengembaliannya pun cukup lancar.

“Alhamdulillah program KUR ini sangat membantu petani khususnya dalam menyediakan permodalan di awal usaha tani, yaitu biaya pengolahan tanah dan penanaman,” ujar Uju Juandi yang sekaligus menjabat Collector Agent (CA) dari Kelompok Tani Sinar Fauzan.

kelompoknya telah memanfaatkan dana KUR sejak tahun 2017. Dia mengakui, untuk pengembaliannya cukup lancar. Ini berkat dirinya selalu sosialisasi dan koordinasi dengan anggota kelompok yang berjumlah 95 orang.

“Saya selalu menekankan kepada anggota bahwa dana yang disalurkan adalah dana yang wajib dikembalikan,” ungkapnya.

KUR pada 2020 ini agak sulit pencairannya. Kalau dulu satu sampai dua minggu sudah cair, saat ini satu bulan sejak pengajuan baru dilaksanakan akad.
“Memang petani senang dengan adanya penurunan suku bunga menjadi 6 persen, namun kami berharap pencairannya bisa lebih dipermudah, khususnya waktu pencairan bisa dipercepat,” harapnya.

Kepala Seksi Prasarana dan Sarana Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Garut Dudung Sumirat optimis serapan dana KUR di Kabupaten Garut bisa terealisasi 100 persen dari target. Menurutnya, sepuluh persen petani tanaman pangan di Kabupaten Garut sudah ikut program KUR.

“Potensi lahan tanaman pangan di Kabupaten Garut cukup luas, yaitu padi seluas 42.663 ha, jagung 186.000 ha, dan kedelai 8.000 ha. Diharapkan penyaluran KUR tahun 2020 dapat mencapai target seratus persen,” ungkap Dudung.

Dana KUR Kabupaten Garut mencapai lebih dari Rp 1 triliun yang berada di beberapa bank. Yaitu BJB, Mandiri, BRI dan BNI, dan disalurkan untuk komoditas hortikultura, peternakan, perkebunan dan tanaman pangan.

Turunnya suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) akan menjadi angin segar bagi petani. Pasalnya, KUR untuk petani skemanya berbeda dengan KUR pada umumnya.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy Edhy menerangkan, petani mendapatkan keringanan untuk membayarnya, yakni dapat dibayar dan boleh dicicil pada saat produk pertaniannya sudah menghasilkan (panen).

“Ini tentu memudahkan para petani, misalnya petani mengajukan KUR Rp50 juta (tanpa agunan) untuk modal usaha taninya yang berupa tanaman padi atau jagung,” ujar Sarwo Edhy.

tahun ini pemerintah menurunkan suku bunga menjadi 6 persen per tahun dan tanpa agunan untuk pinjaman maksimal Rp50 juta. Tanaman tersebut baru menghasilkan setelah kurang lebih tiga bulan. Jadi ketika sudah 3 bulan, petani dapat melunasinya.

“Tahun sebelumnya bunga KUR 7-8 persen, tapi sekarang menjadi 6 persen. Ini pasti tidak akan memberatkan petani,” pungkas Sarwo Edhy.

 

Sumber : okezone[dot]com
Editor : ZBP

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close