Fakta DuniaInfo SainsInovasi

RoboTire, Robot Yang Bisa Ganti Ban Dengan Hitungan Detik

Seiring dengan perkembangan teknologi, peran manusia dalam beberapa pekerjaan mulai tergantikan oleh mesin dan robot.

Salah satu keuntungan yang didapatkan dari penggunaan robot antara lain sanggup memangkas waktu pengerjaan sebuah pekerjaan, seperti robot pengganti ban kendaraan berikut ini.

Seperti kita tahu, mengganti ban sendiri bukan pekerjaan yang bisa dilakukan semua orang. Itu sebabnya orang akan pergi ke bengkel untuk meminta bantuan mekanik, itu pun perlu waktu cukup lama. Nah, RoboTire akan membantu kalian mengganti ban dalam hitungan menit.

Zaman sekarang, banyak pekerjaan yang biasanya dilakukan manusia, digantikan mesin atau robot. Keuntungan dari penggunaan robot antara lain memang meningkatkan efisiensi waktu. Contohnya mengganti ban pakai robot ini.

“RoboTire berupaya memenuhi kebutuhan Anda mengganti ban menjadi lebih cepat, lebih baik dan sebuah solusi murah,” demikian perusahaan pembuat RoboTire mengiklankan dirinya.

Soal kecepatan, mungkin RoboTire memang lebih cepat mengganti ban jika dibandingkan proses manual oleh manusia. Namun jika disebut solusi yang lebih murah, belum tentu. Sebagai sebuah alat baru, tentunya seperangkat robot bisa terbilang mahal.

Tapi jika dihitung-hitung dan dibandingkan dengan jumlah konsumen yang terlayani oleh robot ini karena waktu pemasangan ban yang jadi lebih cepat, perusahaan-perusahaan bengkel bisa mempertimbangkannya.

Perkiraan harga memasang ban di bengkel-bengkel yang ‘mempekerjakan’ RoboTire adalah sekitar USD 5 – USD 10 (sekitar Rp 70 – Rp 130 ribu) per ban, sementara harga robotnya sendiri adalah USD 250 ribu (sekitar Rp 3,4 miliar). Jadi, meski terlihat mahal awalnya, RoboTire bisa memudahkan bengkel melayani konsumen mengganti ban dengan lebih cepat.

 

Sumber : detik[dot]com

Editor : ws

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close