Energi

Desa Pedalaman Sumsel Penerima Indonesia Green Award

BIMATA.ID,JAKARTA- PT Pertamina (Persero) RU III Plaju mendapat penghargaan Indonesia Green Award (IGA) tahun 2020 untuk program Corporate Social Responsibility (CSR) kategori Rekayasa Teknologi dalam Menghemat Energi atau Penggunaan Energi Baru Terbarukan. Penghargaan itu didapat dari program Desa Mandiri energi Pertamina dengan judul Cahaya di Kaki Langit Saruan.

Saat ini masyarakat Dusun Saruan di Desa Merbau, Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dan merupakan dusun pedalaman di Sumatera Selatan bisa menikmati cahaya setiap malam setelah sebelumnya harus terbatas kegelapan.

Melalui Program Desa Mandiri Energi, Pertamina RU III Plaju menyumbang Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dan listrik kini sudah bisa mengalir dengan stabil.

“Program Desa Mandiri Energi Pertamina dengan judul Cahaya di Kaki Langit Saruan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar listrik dengan PLTMH pada masyarakat daerah pedalaman yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat,” ujar Region Manager Communication & CSR Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf.

IGA 2020 yang tahun ini memasuki gelaran ke-11 merupakan penghargaan yang diberikan oleh The La Tofi School of CSR kepada perusahaan sektor industri yang memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan melalui program yang inovatif.

“Sangat bersyukur Program Desa Mandiri Energi Cahaya di Kaki Langit Saruan ini mendapatkan penghargaan IGA 2020. Penghargaan ini kami raih karena Pertamina RU III Plaju selalu konsisten dalam menjalankan programnya sekaligus konsisten bergandengan tangan dengan masyarakat mewujudkan kemandirian energi,” ujar Rifky.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada The La Tofi School of CSR karena sudah melihat upaya Pertamina RU III Plaju dengan masyarakat dalam program ini,” tambah Rifky.

Rifky berharap melalui penghargaan yang telah diterima ini dapat menjadi motivasi bagi semua yang terlibat dalam pelaksanaan program CSR Pertamina RU III Plaju.

“Ke depannya, penggiat CSR agar terus semakin semangat dalam memunculkan inovasi-inovasi baru yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat, sehingga manfaatnya bisa makin luas lagi,” tutupnya.

 

Sumber :news.detik[dot]com
Editor :ZBP

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close