Fakta Dunia

Erupsi Yang Paling Mematikan Dalam Sejarah Amerika Selatan

Pada tanggal 19 Februari 1600 telah terjadi letusan gunung yang amat dahsyat di Amerika Selatan yakni letusan Gunung Stratovolcano Huaynaputina di Peru. Meletusnya gunung ini catatan sejarah tersendiri sebagai erupsi gunung yang paling mematikan di Amerika Selatan. Bagaimana tidak? Gunung Huaynaputina atau dalam Bahasa Quechua disebut sebagai Gunung Huaynaputina yang artinya Gunung Berapi Baru merupakan gunung berapi yang tidak memiliki profil sebagai gunung yang teridentifikasi sebagai gunung meletus. Dia hanya berbentuk kawah gunung berapi yang besar yang mengakibatkan para warga sekitar tidak menyangka akan terjadi bencana tersebut.

 

Sebenarnya gunung ini pernah meletus beberapa kali selama Holocene. Dan akhirnya Gunung Huaynaputina meletus yang amat besar terjadi di tanggal 19 Februari 1600 dan mendapat skala 6 dalam Volcanic Explosivity Index (VEI). Maka dari itu, letusan gunung ini merupakan letusan terbesar di Amerika Selatan.

 

Ketika Huaynaputina meletus, aliran piroklastik yang merupakan hasil letusan dari gunung berapi yang bergerak dengan cepat dan terdiri dari gas panas, abu vulkanik, dan bebatuan (tefra) bergerak 13 km ke timur dan tenggara. Hal itu mengakibatkan hancurnya beberapa desa. Berikut dengan lahar serta lumpur vulkaniknya bisa mencapai pantai Samudera Pasifik yang berjarak 120 km dari letusan. Dan yang paling dahsyatnya lagi adalah abu letusan gunung ini melesat jauh sejauh 250 sampai 500 km ke segala arah.

 

Disaksikan oleh orang-orang di Kota Arequipa, dampaknya di wilayah itu amat parah. Erupsi tersebut mengakibatkan tumbuhan-tumbuhan musnah dan mengubur lingkungan dengan 2 meter (6,6 kaki) bebatuan vulkanik. Erupsi juga merusak infrastruktur dan sumber daya ekonomi.

 

Erupsi Gunung Huaynaputina juga berefek signifikan pada iklim di Bumi. Erupsi ini berhasil menurunkan suhu di belahan bumi utara, menyebabkan banjir, kelaparan dan gelombang dingin di banyak tempat, serta menyimpan beberapa juta ton asam. Gangguan iklim ini menyebabkan pergolakan sosial di banyak negara seperti Rusia dan berperan dalam permulaan Zaman Es Kecil atau yang biasa kita sebut sebagai The Little Ice Age.

 

Jadi, masih adakah erupsi yang mematikan di Amerika Selatan selain erupsi Gunung Huaynaputina ini, Guys?…

 

Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Huaynaputina

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close