Fakta Dunia

Ada Fakta Apa Di Mars Pada 19 Tahun Silam?

Tahukah anda 19 tahun yang lalu NASA memetakan permukaan Mars menggunakan sistem pencitraan emisi panas? Ya! Ternyata tanggal 19 Februari 2002 NASA bisa melakukan itu berkat bantuan Mars Odyssey. Apa itu Mars Odyssey? Yuk kita simak fakta dunia berikut… 

Mars Odyssey adalah pesawat ruang angkasa tanpa awak alias robot yang mengorbit planet Mars. Proyek ini dikembangkan oleh NASA yang merupakan lembaga independen dari Pemerintah Federal Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas sipil program ruang angkasa, serta aeronautika dan kedirgantaraan penelitian. Dan dikontrak oleh Lockheed Martin dengan biaya yang diharapkan untuk seluruh misi sebesar 297 juta USD. Di mana Lockheed Martin Corporasi adalah perusahaan kedirgantaraan, pertahanan, keamanan, dan teknologi global Amerika untuk kepentingan dunia.

Misi Mars Odyssey menggunakan spektrometer dan pencitraan panas untuk mendeteksi bukti air dan es di masa lalu atau di masa sekarang, serta mempelajari geologi dan lingkungan radiasi planet Mars ini. Hal itu diharapkan data yang diperoleh Odyssey akan membantu menjawab pertanyaan apakah kehidupan ada di Mars dan membuat penilaian  risiko radiasi yang mungkin dialami astronot di masa mendatang bila berhasil mengunjungi Mars.

Selain itu, Mars Odyssey juga bertindak sebagai relay untuk komunikasi antara Laboratorium Sains Mars, dan sebelumnya Mars Eksplorasi Rovers dan pendarat Phoenix ke Bumi. Misi ini dinamai sebagai penghormatan kepada Arthur C. Clarke, seorang penulis fiksi ilmiah, sains dan futuris. Ia ikut menulis skenario untuk film tahun 1968, “ 2001 : A Space Odyssey ” yang membangkitkan nama pesawat ini menjadi 2001 Mars Odyssey. Oleh karena itu film itu merupakan salah satu film  paling berpengaruh sepanjang masa karena perannya membuat mimpi menjadi nyata.

Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/February_19

https://en.wikipedia.org/wiki/2001_Mars_Odyssey

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close