BeritaRegionalUMKM

Menparekraf Sandiaga Ungkap, Jateng Miliki Potensi Wisata Halal

BIMATA.ID, Semarang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, tengah melakukan kunjungan kerja di beberapa titik di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (16/03/2023).

Dalam kunjungan kerjanya, ia menyempatkan diri menjadi keynote speaker di talk show, Tangkap peluang Pariwisata Halal di Jateng di Miwiti Space Semarang.

Diketahui, guna mendorong pemulihan sektor ekonomi, dan pariwisata, Sandi memperkenalkan sebuah konsep wisata halal yang dapat diterapkan oleh para pelaku wisata di Jateng.

Baca juga: Prabowo: Pupuk BIOS 44 DC Buatan Kodam III Siliwangi Dapat Menjawab Keluhan Petani

Sambungnya, wisata halal bisa menjadi peluang untuk memulihkan ekonomi kreatif masyarakat. Tetapi dengan tidak mensyariatkan destinasi wisata tersebut.

“Wisata halal merupakan penambahan layanan yang mengusung tiga konsep. Need to Have, Good to Have, dan Nice to Have. Contohnya seperti servis makanan halal, toilet yang nyaman untuk muslimah, dan fasilitas lain yang ramah keluarga,” ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Kamis (16/03/2023).

Maka dari itu, apabila konsep tersebut bisa diterapkan, maka pemasukan di bidang sektor ekonomi kreatif bisa lebih meningkat. Sebab, adanya layanan, dan fasilitas yang berstandar halal.

Lihat juga: Prabowo ‘Dikepung’ Srikandi TNI AU Usai Dianugerahi Warga Kehormatan Kopasgat

“Jawa Tengah punya potensi wisata super prioritas tapi masih banyak spot pariwisata bisa dikembangkan. Seperti wisata religi ziarah dan alam. Ini bisa dimasukkan ke dalam kalender pengembangan pariwisata halal,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya ingin Jateng dapat mengembangkan produk halal di sektor fashion. Sehingga, strategi promosi pariwisata halal dapat dilakukan dengan platform digital.

“Berdasarkan algoritma pasar, Youtube masih mendominasi untuk promosi destinasi wisata. Tapi yang sedang meningkat ini Tiktok. Tentunya, kami juga akan melibatkan Diaspora di seluruh Indonesia untuk mengangkat potensi wisata di daerahnya,” jelasnya.

Simak juga: Menhan Prabowo: Inovasi Komando Teritorial di Kodam III Siliwangi Pecahkan Kesulitan Rakyat

Oleh karena itu, dirinya berharap Kota Semarang bisa meningkat seperti kota lain. Karena, pada tahun ini ada beberapa Kabupaten Kota tengah berjuang untuk dapat pengakuan dari Unesco.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close