BeritaHeadlinePolitik

Anwar Hafid dan Rusdy Mastura Kalah di Pilgub Sulteng 2024 Versi Survei Indikator Politik Indonesia

BIMATA.ID, SULTENG – Hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia dalam Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah (Pilgub Sulteng) 2024 dilakukan periode 24 Agustus hingga 1 September 2024, Ahmad Ali meraih 32 persen suara, mengalahkan dua pesaing utamanya, Anwar Hafid dan petahana Rusdy Mastura.

Dalam keterangannya yang dikutip di Harian Sulteng, Ahmad Ali asal Morowali ini, mengakui bahwa meski memulai kampanye lebih lambat dibandingkan pesaingnya, hasil survei ini menjadi bukti bahwa kerja-kerja sosial dan program-program pemerintah yang ia jalankan selama dua periode sebagai anggota DPR RI masih diingat oleh masyarakat.

“Walau kita terlambat start, karena kita melawan petahana dan kandidat lain yang sudah bergerak lima tahun lebih, Alhamdulillah masyarakat masih memberi kepercayaan kepada saya,” ujar Ahmad Ali, Rabu (2/10/2024).

Ia juga menyampaikan rasa syukur atas kepercayaan yang diberikan masyarakat Sulawesi Tengah kepada pasangan BERAMAL (Bersama Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri), yang diusung untuk maju dalam kontestasi Pilgub pada 27 November 2024 mendatang.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tengah atas dukungan yang diberikan kepada kami. Ini menjadi motivasi untuk terus bekerja keras hingga hari pemilihan,” tambahnya.

Survei Indikator menunjukkan bahwa Ahmad Ali unggul dalam semua skenario simulasi melawan dua pesaingnya. Pada simulasi tiga pasangan, yaitu Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri, Anwar Hafid-Reny, dan Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto, pasangan BERAMAL memimpin dengan 32 persen suara. Hasil ini menegaskan dominasi Ahmad Ali di seluruh wilayah yang disurvei.

Tidak hanya itu, dalam simulasi dua pasangan, baik melawan Anwar Hafid-Reny maupun melawan Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto, Ahmad Ali tetap unggul dengan selisih yang signifikan. “Kepercayaan masyarakat ini tentu tidak lepas dari kerja nyata yang telah kami lakukan selama ini, khususnya di DPR RI,” jelasnya.

Survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling, melibatkan responden dari seluruh wilayah Sulawesi Tengah. Margin of error survei sebesar ± 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Meskipun hasil survei ini belum dirilis secara resmi, data yang bocor sudah dilihat dan dibahas oleh berbagai pihak.

Hasil survei ini juga berbanding lurus dengan antusiasme masyarakat selama kegiatan sosialisasi yang dilakukan Ahmad Ali di lebih dari 80 titik pertemuan sebelum masa kampanye resmi dimulai. Setiap kali berkunjung ke berbagai daerah, Ahmad Ali disambut hangat oleh warga yang berharap ia dapat membawa perubahan positif untuk Sulawesi Tengah. MAN

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close