BeritaEkonomiEnergiNasionalPeristiwaUmum

Presiden Jokowi dan Prabowo Sepakat Tidak Ekspor Bahan Mentah Lagi

BIMATA.ID, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan hirilisasi untuk Indonesia pada pemerintahan berikutnya bersama dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Hal tersebut disampaikan saat kunjungan kerja di Kalimantan Barat, Selasa, 24 September 2024.

Jokowi mengaku, dirinya telah berdiskusi panjang dengan Prabowo soal hilirisasi yang akan membawa Indonesia menjadi negara maju. Keduanya sepakat untuk melakukan hirilisasi di hasil pertanian, peternakan, hingga hasil laut pada pemerintahan ke depan.

“Saya sudah berdiskusi panjang dengan Presiden Terpilih Pak Prabowo yang nanti beliau juga akan memulai di hilirisasi untuk sektor pertanian, perkebunan, dan kelautan,” ujar Jokowi.

BACA JUGA: Prabowo Rapat Terakhir di DPR, Seluruh Fraksi Hadir dan Beri Doa

Secara gambaran besar, hirilisasi merupakan sebuah proses mengubah bahan baku mentah menjadi suatu produk jadi. Hilirisasi berperan dalam menambah nilai jual materi.

Jokowi menekankan, dirinya dan Prabowo sepakat untuk tidak mengekspor bahan mentah lagi dan semua akan diolah di dalam negeri. Jokowi juga mengungkapkan hirilisasi ini dapat menciptakan lapangan kerja lebih luas sehingga tidak hanya berhenti di Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba).

“Nantinya bahan mentah akan diolah di dalam negeri, nilai tambah ada di dalam negeri, kesempatan kerja ada di dalam negeri, dan itu tidak berhenti di Minerba saja,” imbuh Jokowi.

BACA JUGA: Sufmi Dasco Bantah Prabowo Cari Tahu Pemilik Akun Fufufafa

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close