BeritaPolitik

Ridwan Dhani Wirianata Berziarah ke Makam Pendiri Bandung Sebelum Deklarasi Calon Wakil Wali Kota

BIMATA.ID, BANDUNG – Bakal calon wakil wali kota Bandung, Ridwan Dhani Wirianata, melakukan ziarah ke makam para pendiri Bandung di Dalem Kaum pada Rabu (28/8/2024), sebelum mendeklarasikan pencalonannya dan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung.

Dhani, yang mengenakan pakaian putih dipadukan dengan celana jeans, tiba-tiba menyedot perhatian. Salah satu keturunan pendiri Bandung, Rudi Wiranata Kusumah, mengungkapkan bahwa kedatangan Ridwan Dhani menjadi kejutan. “Kang Dhani hari ini kembali menyusuri asal-usul leluhurnya. Kami berbicara sejarah, dan ternyata ada hubungan kekerabatan dengan leluhur kami di sini,” jelas Rudi.

Rudi juga menjelaskan bahwa Dhani memiliki garis keturunan dari buyutnya yang juga memakai nama Wiranata Kusumah. Kehadiran sosok muda yang peduli pada sejarah Bandung dan para pendirinya mendapat apresiasi. “Jika Kang Dhani terpilih, dia akan menjadi figur muda yang membawa pembaruan. Bandung adalah ibu kota Jawa Barat dan Asia Afrika. Sosok muda seperti Kang Dhani, yang paham adab leluhur Sunda, sangat diperlukan,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Rudi didampingi oleh Krisna Wiranata Kusumah dan Ahmad Kusumayuda. Mereka sepakat mendukung siapa pun yang peduli pada pelestarian budaya Sunda, meskipun ziarah ini terbuka bagi siapa saja. Rudi menambahkan bahwa garis keturunan Kang Dhani berasal dari Wiranata Kusumah, dan ini merangkum konsep kawargian Bandung, yaitu keturunan keluarga besar Bandung, mirip dengan konsep yang ada di Sumedang dan Majalengka.

Kehadiran Ridwan Dhani di makam pendiri Bandung menjadi simbol komitmennya terhadap sejarah dan tradisi yang menjadi dasar kuat bagi langkah politiknya ke depan. (*)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close