BeritaNasionalPolitik

Jelang Pilkada Serentak, Polda Banten Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Mantap Praja Maung 2024

BIMATA ID Serang – Dalam rangka menjelang pelaksanaan Operasi Mantap Praja Maung Tahun 2024, Polda Banten menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral bersama Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten, yang bertempat di Aula Pendopo Gubernur Banten pada Selasa (20/08).

Kegiatan dipimpin Kapolda Banten Irjen Pol Suyudi Ario Seto didampingi sejumlah Pejabat Utama Polda Banten. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj Gubernur Banten Al Muktabar beserta perwakilan Forkopimda Provinsi Banten lainnya.

Dalam sambutannya Kapolda Banten mengatakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantap Praja Maung 2024 dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 di wilayah hukum Polda Banten.

“Rakor Lintas sektoral ini dilaksanakan untuk melihat kesiapsiagaan dari seluruh jajaran dan instansi terkait pada pelaksanaan kegiatan operasi kepolisian mandiri kewilayahan Mantap Praja Maung 2024 dengan harapan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal dalam rangka mewujudkan Pilkada yang aman, damai dan demokratis,” ucap Kapolda.

Kapolda menjelaskan sesuai arahan Presiden RI bahwa tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama, salah satunya adalah Pilkada 2024 yang akan menjadi tantangan demokrasi indonesia sekaligus sebagai titik penentu masa depan bangsa.

“Melihat pentingnya hal tersebut maka seluruh komponen bangsa harus berpartisipasi guna mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024, dalam konteks ini Polri sebagai penanggungjawab kemamanan dalam negeri berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pilkada 2024,” jelas Kapolda.

Selanjutnya Kapolda menerangkan hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan terpadu dan komperhensif mengerahkan segala sumber daya yang ada serta memperkokoh kerjasama sinergis dengan penyelenggara Pilkada, TNI, Pemda, masyarakat dan mitra keamanan lainnya, agar pesta demokrasi pilkada serentak 2024 dapat berlangsung dengan aman, damai dan demokratisdemokratis.

“Polda Banten menggelar operasi Kepolisian mandiri kewilayahan dengan sandi Mantap Praja Maung 2024 yang akan dilaksanakan selama 117 hari dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum yang juga didukung oleh kegiatan intelijen untuk mengamankan setiap tahapan Pilkada. Pada implementasinya akan dilakukan pergelaran personel di lapangan dalam bentuk satuan tugas tingkat Polda dan Polres, yang melibatkan 5.059 personel Polri, 1.501 personel TNI, serta 21.424 personil Linmas untuk mengamankan 10.712 lokasi TPS,” ujar Kapolda.

Diakhir Kapolda menegaskan kepada seluruh jajaran dan instansi terkait, untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan Pilkada dengan sebaik baiknya agar dapat memberikan rasa aman kepada penyelenggara dan masyarakat peserta pilkada, sehingga terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif.

“Saya tegaskan kepada seluruh personel Polri dan ASN agar tetap menjaga netralitas, dengan tidak berpihak kepada salah satu calon peserta Pilkada maupun kelompok tertentu selama berlangsungnya seluruh tahapan Pilkada serentak 2024,” tutup Kapolda Banten.

 

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close