BeritaPeristiwaPolitikRegional

Jelang Pilkada 2024, Demokrat – Gerindra Bentuk Koalisi “Kutai Timur Maju 2024”

BIMATA.ID, Sangatta – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kutai Timur (Kutim) bersepakat berkoalisi dengan DPC partai Gerindra, untuk membentuk koalisi “Kutai Timur Maju 2024” untuk memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

“Kutai Timur Maju 2024 ini dibentuk tidak serta merta tanpa alasan, ada beberapa poin yang jadi dasar kesepakatan membentuk koalisi ini,” kata Ketua DPC Demokrat Kutim Ordinasyah, di Sangatta, Selasa.

Ketua DPC Demokrat Kutim, Ordinasyah menyebut, bahwa DPC partai Demokrat Kutim dan DPC partai Gerindra Kutim memiliki kesamaan pandangan untuk lebih memajukan Kabupaten Kutai Timur.

Baca juga: Gerindra Ternate Pilih Kandidat Pilkada Berdasarkan Koalisi Prabowo-Gibran

Menurutnya, dengan meningkatnya APBD Kutim Rp9,1 triliun, namun DPC partai Demokrat Kutim belum puas atas program pemerintah daerah saat ini. Anggaran yang besar itu juga belum dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Ke depan, Kutim sangat membutuhkan pemerintahan yang kuat, dengan cara menyelaraskan rencana dan target pembangunan dengan pemerintah pusat,” katanya.

Sehingga, koalisi Kutai Timur Maju 2024 sepakat mengusung gagasan visi pembangunan nasional yang diselaraskan dengan pembangunan daerah.

Lihat juga: Bertemu Erdoğan, Prabowo: Kami Bertekad Tingkatkan Kemitraan Strategis Kedua Negara

Lanjutnya, beberapa hal penting lainnya, adalah ingin memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi dan HAM, mendorong kemandirian dan swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau dan ekonomi biru.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPC partai Gerindra Kutim, Novel Tyty Paembonan mengatakan kesepakatan koalisi Kutai Timur Maju 2024 merupakan arahan dari Ketua Umum partai Gerindra, untuk memprioritaskan komunikasi bersama partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju.

“Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina kami, Pak Prabowo Subianto mengarahkan dalam Pilkada 27 November nanti, untuk membangun komunikasi politik dengan Koalisi Indonesia Maju,” ucapnya.

Simak juga: Usai Melakukan Pertemuan di Turki, Prabowo Diantar Langsung ke Mobil oleh Erdoğan

Oleh karena itu, pada saat ini partai Gerindra, dan Demokrat akan mendiskusikan lebih dalam untuk menentukan pemimpin yang akan diusung pada pemilihan Bupati, dan Wakil Bupati Kutim di Pilkada 2024.

“Partai Gerindra dan Demokrat Kutim sepakat untuk memulai kerja sama partai politik, kami bermitra membangun sebuah koalisi partai untuk Kutai Timur maju,” tegasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close