BeritaPolitikRegional

3 Parpol KIM Sepakat Dukung Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng

BIMATA.ID, Jawa Tengah – Partai Gerindra Bersama Golkar, dan PAN akhirnya sepakat mendukung Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol. Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur (cagub) di Pilkada 2024.

Kabar ini muncul tak lama setelah Gerindra memastikan dua kadernya masuk dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai wakil Menteri. Mereka di antaranya, Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) dan Thomas ‘Tommy’ Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu).

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Tengah, Panggah Susanto menyebut partainya akan mendukung Luthfi di Jateng.

“Iya betul, Golkar mengusung Pak Kapolda Luthfi,” kata Panggah saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Kamis (18/7/2024).

Baca Juga: Prabowo Diam-diam Sudah Kantongi Nama Menteri Keuangan yang Baru

Menurutnya, dukungan ini diberikan karena Luthfi dinilai memiliki pengalaman di Jateng. Selain itu Luthfi juga bersedia masuk menjadi kader partai politik.

“Alasannya, beliau dari eks birokrasi/Polri memiliki pengalaman yang panjang di pemerintahan, bersedia jadi kader Golkar dan dekat dengan rakyat,” jelas Panggah.

Selain itu, PAN melalui Sekjen PAN, Eddy Soeparno mengatakan partainya telah menyatakan dukungan kepada Luthfi sejak Juni lalu.

“Iya dan sudah kita umumkan bulan lalu,” ucap Eddy saat dikonfirmasi.

Dukungan PAN kepada Ahmad Luthfi langsung disampaikan oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Dia mengaku dekat dengan Luthfi dan berharap langkah politiknya tersebut segera diikuti oleh partai lain yang tergabung dalam KIM.

Luthfi juga kabarnya sudah mendapatkan Gerindra. Kabar ini muncul setelah nama Ketua DPD Gerindra Jateng akan menjabat sebagai wakil Menteri. 

SImak Juga: Sendi Fardiansyah Optimis Raih Rekomendasi Dari Gerindra

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close