BeritaOlahragaPeristiwaRegionalUmum

Atraksi Seni dan Senjata Tajam Meriahkan HUT ke-4 Latoa Production Family

BIMATA.ID, Bone- Latoa production Family menggelar Hari Ulang Tahun ke-4. Yang terbentuk sejak 8 Juli 2020 ini pula menggelar Pelantikan pengurus organisasi periode 2024 sampai 2026. di Aula SMK 7 Watampone kabupaten Bone. Senin 08/07/2024.

Latoa Production Family. Adalah organisasi Seni berbasis budaya Bugis dengan keanggotaan hingga ke berbagai negara asia dan eropa.

Pj.Bupati Bone dalam sambutannya. Mengatakan bahwa ia bangga dengan anak muda yang memiliki kepedulian terhadap nilai nilai budayanya.

BACA JUGA: Ramai Netizen Malaysia Puji Jersey Indonesia Rancangan Anak Prabowo

“Dijaman yang serba canggih ini, masih ada anak muda yang ikhlas meluangkan waktunya untuk mempertahankan nilai nilai budaya daerahnya”, Ungkapnya.

“Tema dalam kegiatan ini adalah, ‘Tulu Parajang Assitellirenna Uluada Latoa’, yang artinya: Tali ikatan erat yang menguatkan perjanjian Latoa,” papar Imran.

Lebih lanjut Imran menjelaskan, “Ade Mallaiseng Temmassarang Pada Idi Salaseddi Sibawa Laingnge. Naekkiya Sakke Rupanna Ade’e Natiwi Awatangenna ri Sininna Papajeppuna Rupa Taue”.

“Artinya : Perbedaan budaya seharusnya tidak memisahkan kita satu sama lain, melainkan keragaman budaya membawa kekuatan kolektif yang dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia,” paparnya lagi.

Kegiatan pelantikan pengurus dan perayaan hari ulang tahun ke 4 Latoa Production ini di meriahkan dengan pementasan seni lokal Bugis seperti ‘Sigajang laleng lipa” (saling tikam dalam ikatan satu sarung) ‘osong’ (Sajak bugis), tari daerah dan atraksi ‘Maggiri’ (menikam diri dengan senjata tajam).dan aktraksi seni lokal lainnya. Berbagai organisasi pemerhati kebudayaan dari beberapa kabupaten tetangga. Sepeti kabupaten Wajo, Kab Sidenreng Rappang, Pinrang hadir mensuport acara ini.

Hadir bersama Pj Bupati Bone, Drs. H. Andi Islamuddin, SH termasuk Satuan Kerja Pemerintah Daerah, kepala dinas Pariwisata, Sekretaris Dinas Kebudayaan, kepala dinas Perhubungan. Organisasi Masyarakat Assitobonengeng, Forbes Anti Narkoba, Badan Pemuda Prestasi Olah Raga dan Seni pemuda Pancasila kab.Bone.

Imran daeng Parani pendiri sekaligus pembina organisasi ini mengatakan bahwa tujuan organisasi adalah sebagai upaya merawat nilai nilai kebudayaan daerah.

BACA JUGA: Elit PDIP Sebut Proyek IKN Akan Mengendur di Era Prabowo, Pengamat: PDIP Sedang Membiasakan Diri Jadi Oposisi

“tujuan didirikannya komunitas ini adalah merawat, menjaga, melestarikan Adat dan Budaya sehingga berdaya guna untuk mendidik anggota, berbudi pekerti luhur, bersopan santun, berkasih sayang dan berbuat baik sesama anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta tetap menjalin silaturahmi antar sesama anggota baik didunia nyata maupun di media social” Ungkapnya

“Karna dengan silaturahmi itu akan semakin mempererat hubungan kekeluargaan dan akan menguatkan, kebersamaan dalam menjaga, merawat, melestarikan Adat dan Budaya Bugis Sedunia.” Lanjut Imran dalam Sambutannya

Beberapa pengurus Latoa Production utamanya yang domisili di luar negeri mengikuti acara pelantikan dan pengukuhan ini dengan media aplikasi zoom.

Pengurus Latoa Production terpilih yang di lantik dan dikukuhkan oleh Pj. Bupati Bone Drs. H. Andi Islamuddi. MH,. sbb;

Ketua umum Andi Sul Jalalil Waliqram. Bahrun sebagai wakil ketua. Hamdi Abadi sebagai sekretaris. Nahar wakil sekretaris. Tuti Aryanti sebagai bendahara. Rukiawati, wakil bendahara dan Koordinator Harian, Ismail.

BACA JUGA: Ma’ruf Amin Harap Program Pengentasan Kemisikinan Terus Berlanjut di Pemerintahan Prabowo

“aja mua mutunu boq maeloq solangi adeq e. tiwi bawanni rupataue paggangkai mabbaca, Artinya, kamu tidak perlu membakar buku untuk menghancurkan budaya. Buat saja orang berhenti membacanya.” Pesan Imran Daeng Matareng di akhir sambutannya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close