BeritaPolitikRegional

Anggota DPR Gerindra Endang Setyawati Suarakan Aspirasi Kelompok Tani Hutan

BIMATA.ID, Cianjur – Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Gerindra Endang Setyawati Tohari, menyuarakan aspirasi Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan (HkM) Kalibiru.

Endang mengusulkan agar Hutan Ekowisata Kalibiru di Yogyakarta diubah menjadi wadah yang serupa dengan Pasar Leuweung di Cianjur, Jawa Barat.

Pasar Leuweung dikenal sebagai tempat yang mengintegrasikan wisata hutan dengan bazar untuk UMKM masyarakat setempat, mendorong pertumbuhan ekonomi warga.

Baca Juga : Menparekraf Dapat Arahan Jokowi Untuk Era Prabowo, Sandiaga Uno: Mendatangkan Event Olahraga Berkualitas

Endang mengatakan, Pasar Leweung adalah contoh sukses dari pengelolaan hutan sosial yang mampu meningkatkan pendapatan masyarakat melalui sinergi antara pariwisata dan usaha kecil menengah.

“Pasar Leweung menjadi wadah yang mengembangkan dan memasarkan semua hasil potensi lokal, dan diadakan bergilir setiap tiga bulan di setiap kecamatan yang memiliki hutan sosial,” kata Endang, Rabu (10/07/2024).

Terkait keluhan Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan (HkM) Kalibiru, menurutnya, pendapatan akibat berkurangnya jumlah pengunjung dan produktivitas tanaman menjadi dasar usulan ini.

Simak Juga : Gerindra Bali Bersyukur atas Keberhasilan Operasi Prabowo, De Gadjah: Sehat Selalu Untuk Pimpin Indonesia

Endang pun yakin dengan adanya pasar yang serupa dengan Pasar Leuweung, masyarakat Kalibiru bisa memanfaatkan hutan sosial mereka secara lebih optimal, baik dari sektor pariwisata maupun potensi hasil bumi.

“Misalnya, Pasar Leuweung di Cianjur memamerkan hasil olahan dari tanaman pelindung seperti labu kuning, yang bisa diolah menjadi berbagai produk seperti campuran bakso ikan. Ini menunjukkan bagaimana produk lokal dapat diangkat dan dipasarkan secara luas,” tuturnya.

Perlu diketahui, ekowisata Kalibiru sendiri dibuka pada akhir 2009 oleh masyarakat setempat yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan (HkM) Mandiri, melalui program Perhutanan Sosial.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close