BeritaInternasionalNasionalPeristiwaUmum

Prabowo Nyatakan Siap Rawat 1.000 Warga Palestina, Menlu Retno: Sedang Disiapkan

BIMATA.ID, Sleman – Menhan yang juga presiden terpilih Prabowo Subianto menyatakan bersedia mengevakuasi dan merawat 1.000 warga Palestina yang terluka ke RS Indonesia. Terkait hal itu, Menlu Retno Marsudi turut angkat bicara.

“Ya ini kan intinya sedang dipersiapkan semua,” kata Retno usai menjadi pembicara ‘Public Lecture Menlu RI: Diplomasi Indonesia untuk Palestina’ di Balai Senat UGM, Sleman, Senin (3/6/2024).

Retno bilang saat ini segala proses untuk membantu warga Palestina sedang berjalan dan terus dibahas. Salah satunya terkait cara mengeluarkan warga Palestina dari Gaza.

BACA JUGA: Bangga Dengan Prabowo Soal Gaza, SBY: Thanks, You Are On The Right Track

“Jadi ini sekarang proses sedang jalan tentunya dan persiapan-persiapan seperti itu kan biasanya memerlukan waktu yang lama karena pertanyaan pertama bagaimana mereka bisa keluar dari Gaza dan sebagainya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Retno menyebut, pelaksanaan penanganan 1.000 orang Palestina ke RS Indonesia itu baru akan dilaksanakan di pemerintahan presiden terpilih mendatang.

“Jadi pada saat pelaksanaannya memang di bawah pemerintahan Pak Presiden terpilih tapi kita terus koordinasi,” ucapnya.

Meski begitu, Retno menegaskan Indonesia dalam posisi terus meningkatkan bantuan kemanusiaan kepada Palestina.

“Intinya adalah bahwa Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan bantuan kemanusiaan. Itu intinya,” tegasnya.

BACA JUGA: Menpora: Pertemuan Prabowo-Ridwan Kamil Bahas Pilkada Jabar

“Jadi kita melalui banyak sekali cara, jalan tetapi yang perlu ditegaskan adalah komitmen bantuan kemanusiaan dan itu merupakan salah satu wujud dari konsistensi kita untuk membantu bangsa Palestina,” ujar Retno.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close