BeritaEkonomiNasionalPolitikUMKM

Vanda Sarundajang Minta Kemenparekraf Beri Perhatian Pada Pelaku Ekonomi Kreatif

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang, mengatakan persetujuannya terhadap penyesuaian anggaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2024 sesuai hasil pembahasan Badan Anggaran DPR RI. Dalam pengelolaannya, seiring dengan pengembangan destinasi-destinasi wisata yang memang gencar dilakukan, kami juga ingin menitip pesan supaya Kemenparekraf agar lebih fokus terhadap bagaimana meningkatkan SDM dan juga pelaku-pelaku ekonomi kreatif.

Hal ini disampaikan Vanda Sarundajang di dalam rapat kerja Komisi X DPR RI menggelar Rapat Kerja dengan Menteri Parekraf di Gedung Nusantara I, Jakarta pada beberapa waktu lalu.

“Bapak/Ibu tentu seiring dengan pengembangan destinasi-destinasi wisata yang memang gencar dilakukan, kami juga ingin menitip pesan supaya Kemenparekraf agar lebih fokus terhadap bagaimana meningkatkan SDM SDM pariwisata yang menjadi pilar pengembangan destinasi wisata, tentu melalui program re-skilling, up skilling dan new skilling yang sudah disusun yang kemudian juga kami ingin mas menteri dan jajarannya untuk memberikan juga perhatian terkait dengan pelaku-pelaku ekonomi kreatif,” ujar Vanda, dikutip dari website resmi DPR RI, Jumat (15/09/2023).

Baca Juga : Prabowo Disebut Berpotensi Raih Kemenangan di Pilpres 2024

Vanda juga menyampaikan, para pelaku ekonomi kreatif masih sangat membutuhkan dukungan baik melalui program pendampingan, pelatihan, program pendanaan dan lain sebagainya. Karena dengan seiring berkembangnya destinasi wisata di suatu daerah tertentu yang juga paling penting menurutnya adalah bagaimana memberi nilai tambah yang sebesar-besarnya bagi masyarakat setempat.

“Nah kemudian sedikit tentu catatan dari kami, sehingga sekali lagi mas menteri, kami titipkan teman-teman pelaku ekonomi kreatif kita yang memang sangat ingin kemudian bersama-sama berkembang seiring destinasi wisata di suatu tempat itu dibuka tetapi juga butuh dukungan yang sebesar-besarnya dari kita semua,” tuturnya.

Simak Juga : Pelaku UMKM dan Kaum Difabel Kota Bandung-Cimahi Deklarasi Dukung Prabowo Presiden

Dalam rapat kerja yang dipimpin oleh Wakil Ketua Agustina Wilujeng Pramestuti tersebut, Komisi X DPR RI menyetujui pagu definitif Kemenparekraf/Bekraf RI TA 2024 sebesar Rp3.534.132.141.000. Anggaran tersebut dialokasikan pada, pertama Fungsi Pariwisata meliputi program kepariwisataan dan ekonomi kreatif sebesar Rp1.443.597.062.000 dan program dukungan dan manajemen sebesar Rp 895.834.781.000. Kedua, fungsi pendidikan meliputi program pendidikan dan pelatihan vokasi sebesar Rp 908.231.118.000 dan program dukungan manajemen sebesar Rp 286.469.180.000.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close