
BIMATA.ID, Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjukkan dukungan aktifnya dalam acara Xynergy KAI Expo 2025 yang digelar pada 2–3 Agustus 2025 di Jakarta International Convention Center (JICC), Senayan. Dalam kegiatan ini, Kemenparekraf mengusung kampanye #BanggaBerwisatadiIndonesia guna memperkenalkan potensi destinasi wisata domestik yang bisa dijangkau melalui jalur kereta api.
Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, menyampaikan bahwa keterlibatan kementeriannya di ajang tersebut bertujuan untuk memperluas wawasan masyarakat mengenai ragam pilihan tujuan wisata yang terhubung dengan layanan kereta. “Kami ingin memperkenalkan daerah-daerah wisata seperti Borobudur-Prambanan-Yogyakarta, Bromo-Tengger-Semeru, kawasan 3B (Banyuwangi, Bali Barat, dan Bali Utara), serta desa-desa wisata di Pulau Jawa,” jelas Made di Jakarta (3/8/2025).
Ia menambahkan, keikutsertaan Kemenparekraf juga merupakan bagian dari strategi memperkuat gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), yang sekaligus diarahkan untuk mendorong pencapaian target perjalanan wisatawan nusantara sepanjang tahun 2025. “Harapannya, dari expo ini, kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian nasional bisa semakin meningkat, terutama melalui konektivitas berbasis kereta api,” ujar Made.
Acara Xynergy KAI Expo sendiri merupakan ajang pameran multipihak yang melibatkan instansi pemerintah, perbankan, dan sektor swasta. Tidak hanya menyajikan informasi destinasi, pengunjung juga bisa menikmati berbagai penawaran menarik, tiket promo, dan kesempatan menjalin kemitraan bisnis antar pelaku industri.
Beragam zona dihadirkan dalam kegiatan ini, mulai dari zona pariwisata, perhotelan, fashion, hingga kuliner, guna menciptakan pengalaman yang imersif bagi masyarakat dan pelaku usaha. Hal ini sekaligus memperluas dampak positif expo di luar promosi wisata semata.
Dalam kesempatan itu, Kemenparekraf juga menyiapkan booth Wonderful Indonesia seluas 36 meter persegi sebagai sarana promosi destinasi unggulan. Mereka memfasilitasi keikutsertaan delapan pelaku industri pariwisata dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Timur yang menawarkan berbagai produk dan paket perjalanan terbaik.
Mereka yang tergabung antara lain Hotel Borobudur Jakarta, Atourin, Djalanin.com, Alodia Tour Indonesia, Xpose Tour and Leisure, Zahra Tour Bandung, Pongo Holidays, dan Cakramahira Bespoke Travel. Semua pelaku ini diharapkan dapat menjalin sinergi dengan mitra baru sekaligus memaksimalkan promosi pariwisata daerah melalui jalur transportasi kereta api.




