BeritaNasionalPeristiwa

Jateng Raih Predikat Pelayanan Prima, PANRB Dorong Integrasi dan Talenta Digital

BIMATA.ID, Semarang – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) wilayah Jawa Tengah. Hasilnya, 16 kabupaten/kota di wilayah Jawa Tengah (Jateng) yang telah berhasil meraih nilai A atau masuk dalam kategori Pelayanan Prima.

Diketahui, penyerahan penghargaan itu dilakukan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Otok Kuswandaru, di Semarang, Senin (5/5/2025). Selain nilai A, terdapat 18 kabupaten/kota lain yang meraih nilai A-.

“Untuk memastikan pelayanan publik tetap adaptif, efisien, dan berdampak, kita perlu menerapkan konsep pelayanan prima secara menyeluruh,” ungkap Otok, dalam acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Provinsi Jateng 2025-2029, pada senin (05/05/2025).

Baca juga: Presiden Prabowo Terima Surat Kepercayaan Dubes dari Delapan Negara

Menurutnya, konsep pelayanan prima menjadi pedoman agar pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan tidak hanya menjalankan fungsi administratif. Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih rata-rata skala 4,44 (Kategori Sangat Baik) pada tahun 2024. Capaian itu diatas rata-rata nasional yang berada pada nilai 4,02.

“Yang perlu mendapat perhatian lebih dalam Upaya perbaikan adalah peningkatan profesionalisme sumber daya manusia pelayanan publik, khususnya bagaimana kita menyiapkan talenta digital,” ungkapnya.

Mengenai hal itu, Kementerian PANRB juga mendorong integrasi lintas dinas dan lembaga. Sebab masyarakat tidak ingin dibebani birokrasi pelayanan yang rumit. Dari sisi lain, Otok menyampaikan bahwa pemda harus memperkuat kanal partisipasi publik.

Lihat juga: Prabowo Ungkap Kekaguman Hun Sen Soal Indonesia di Sektor Pertanian

Untuk diketahui, dalam evaluasi yang dilakukan Kementerian PANRB, salah satu indikatornya adalah sistem informasi pelayanan publik. Kemudahan akses bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi pelayanan publik menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Related Articles

Bimata