Bimata

ITBM Balik Diwa Makassar Gelar Kerjasama dengan OK OCE 

BIMATA.ID, MAKASSAR — Institut Teknologi dan Bisnis Maritim (ITBM) Balik Diwa Makassar mengadakan kerjasama dengan OK OCE Indonesia untuk meningkatkan kapasitas wirausaha mahasiswa serta menciptakan lapangan pekerjaan. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis, 3 Oktober 2024 di Aula Coral ini dihadiri Ketua Umum OK OCE Indonesia, IIm Rusyamsyi, yang memberikan pemaparan tentang potensi usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM), terutama di sektor maritim.

Dalam sesi diskusi, Iim menyoroti dominasi usaha kuliner di antara UMKM, termasuk yang terkait sektor maritim. “Usaha kuliner masih menjadi yang terbanyak di sektor UMKM. Contohnya, panitia acara tadi malam menyajikan Pallumara, sup kepala ikan yang segar sekali,” ujarnya, menggambarkan bagaimana kuliner maritim juga menjadi peluang usaha.

Lebih lanjut, Iim membahas pentingnya mendorong mahasiswa untuk berwirausaha sebagai upaya menghadapi persaingan global pada 2045. Menurutnya, mahasiswa harus menjadi pencipta lapangan kerja, bukan hanya pencari kerja. “Statistik menunjukkan bahwa lulusan SMA, SMK, dan perguruan tinggi masih menyumbang angka pengangguran yang signifikan,” jelasnya.

Oleh karena itu, Iim menekankan pentingnya kolaborasi antara dunia pendidikan dan komunitas usaha untuk menciptakan generasi wirausaha yang siap menghadapi tantangan masa depan. “Kami di OK OCE siap mendampingi pelaku usaha dengan kurikulum top 7 yang kami kembangkan,” tambahnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ikramullah Akmal, menyambut baik kerjasama ini sebagai langkah strategis dalam membangun wirausaha di kalangan mahasiswa. “Menciptakan lapangan kerja melalui perguruan tinggi adalah bagian dari pengabdian masyarakat yang menjadi salah satu fokus ITBM,” ujar Ikram.

Ikram juga berharap melalui kerjasama ini, akan terwujud inkubator bisnis yang bisa melatih mahasiswa dalam berwirausaha. “Dengan kolaborasi ini, kami berharap bisa segera mendirikan inkubator bisnis dan mengembangkan kerjasama dalam riset serta pengabdian masyarakat, terutama untuk sektor maritim,” ungkapnya.

Acara tersebut diakhiri dengan penandatanganan nota kesepahaman antara ITBM Balik Diwa Makassar dan OK OCE Indonesia. Penandatanganan disaksikan oleh Wakil Rektor I ITBM Balik Diwa, Dr. Awaluddin, dan Ketua Program Studi Hukum Bisnis, A. Fira.

 

Exit mobile version