BeritaNasionalPeristiwaPolitik

Soal Buat Partai, Gerindra: Contoh Tokoh Bangsa yang Lebih Dulu Mendirikan Partai

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Habiburokhman menyarankan pendukung Anies Baswedan bisa meniru perjuangan tokoh bangsa, yang telah lebih dulu mendirikan parpol sebagai kendaraan politik.

Diketahui, saran ini, menjawab hasrat pendukung Anies, yang mendorong jagoannya untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2029.

“Contoh Pak SBY, Pak Surya Paloh, Pak Wiranto, dan Pak Prabowo, yang susah payah membangun partai baru. Karena partai yang ada saat itu tidak bisa mengakomodir idealisme mereka,” kata Habiburokhman, pada Kamis, (05/09/2024).

Baca juga: Usai dari Brunei, Prabowo ke Laos Temui Presiden dan Perdana Menteri Bahas Penguatan Kerja Sama Bilateral

Mengenai hal itu, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membesar­kan Partai Demokrat sebagai kendaraan politiknya di Pilpres 2004 dan 2009. Kemudian, Surya Paloh mendirikan Partai NasDem, setelah merasa pe­mikirannya tidak terakomodir di Partai Golkar.

Kemudian, adapun Wiranto yang mendirikan Partai Hanura, dan Prabowo Subianto membangun Partai Gerindra dan empat ka­li gagal mengikuti kontestasi Pilpres, hingga akhirnya berhasil di Pilpres 2024.

Sehingga, perjalanan pan­jang tokoh bangsa ini, dianggap sebagai contoh yang baik ber­politik di Tanah Air.

Lihat juga: Momen Paus Fransiskus Keliling Sapa Umat Naik Maung Tangguh Besutan Prabowo

Sebagai informasi, sebelumnya, video pendu­kung Anies menyiapkan par­tai untuk berkontestasi pada Pilpres 2029 beredar di dunia maya.

Sebab, untuk menghadapi Pilpres 2029, ujar seseorang di video tersebut, Anies disiapkan par­tai modern. Karena menurut UUD NKRI 1945, syarat untuk menjadi calon presiden harus didukung partai politik peserta pemilu, Pasal 6A ayat 2.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close