Bimata

Jokowi Yakin Prabowo Bakal Lanjutkan Program Hilirisasi

BIMATA.ID, Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Prabowo Subianto selaku presiden terpilih yang akan menjabat mulai bulan depan bakal melanjutkan program hilirisasi.

Bahkan jangkauan hilirisasi Prabowo disebut Jokowi akan lebih luas, bukan hanya di sektor mineral dan batubara saja.

Menurut Jokowi, Prabowo bakal memulai hilirisasi di sektor pangan, mulai dari pertanian, perkebunan, sampai kelautan.

“Tidak berhenti di minerba saja, saya juga diskusi panjang dengan pak Prabowo beliau akan memulai hilirisasi di sektor pertanian, perkebunan, dan kelautan. Artinya sektor pangan juga akan masuk ke proses hilirisasi, dan itu nilai tambah akan berada di dalam negeri,” kata Jokowi, Selasa (24/09/2024).

Sejauh ini, Jokowi sudah memulai hilirisasi di sektor mineral, mulai dari nikel, tembaga, sampai bauksit.

Baca Juga : Menkopolhukam : Angkatan Siber TNI Akan Terwujud di Pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo

Ketiga komoditas tersebut sudah ada smelternya di dalam negeri.

Selanjutnya, Jokowi ingin Prabowo juga melanjutkan hilirisasi di sektor timah hingga batu bara. Khusus batu bara, dia menyebut ada proyek gasifikasi dimethyl eter (DME) yang sudah dimulai.

Kan semua. Timah belum. Batu bara dijadikan gas, DME belum. Saya kira masih banyak peluang yang bisa kita lakukan,” tuturnya.

Pada ujungnya, bila hilirisasi dilakukan, Indonesia bakal menjadi negara industri dan tidak cuma mengekspor bahan mentah saja.

“Kita harapkan kita tidak ekspor bahan mentah lagi semuanya diolah di dalam negeri, nilai tambah di dalam negeri, kesempatan kerja di dalam negeri,” pungkasnya.

Simak Juga : Pesan Prabowo Kepada DPR Terpilih Gerindra : Berbakti, Bekerja Untuk Rakyat Kita Itu Mulia

Exit mobile version