BeritaNasional

Wakapolda Metro Jaya Kukuhkan Pengurus DPD Asosiasi Profesi Satpam Indonesia Jakarta Raya

BIMATA.ID Jakarta – Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (DPD- APSI) Jakarta Raya dengan tema “Sinergitas APSI bersama Polri di dalam mengembangkan dan memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa periode Tahun 2024-2029” yang diselenggarakan di Gedung BPMJ Polda Metro Jaya, Kamis (01/08/24).

Acara tersebut dimulai dengan Pelantikan calon pengurus DPD APSI JAYA dan Pengucapan Sumpah Pelantikan serta Penyerahan Pataka dan Penyematan Pin APSI kepada Ketua DPD APSI Jaya Ibu Heny Yulistiyawati, S.E. oleh Bapak Azis Said, S.E. Selaku Ketua Umum DPP APSI.

Dilanjutkan dengan Pengukuhan oleh Wakapolda Metro Jaya Brigjen. Pol. Djati Wiyoto Abadhy “Saudara-saudara Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Profesi Satpam Indonesia wilayah Jakarta yang baru saja dilantik, saya selaku Wakapolda Metro Jaya mewakili Bapak Kapolda Metro Jaya dengan ini mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Profesi Satpam Indonesia Jaya periode 2024-2029”.

“Saya ucapkan selamat dan sukses atas terbentuknya kepengurusan DPD APSI Jaya, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingan dan petunjuknya kepada kita semua dalam memajukan profesi Satpam di wilayah Polda Metro Jaya.” Ungkap Wakapolda.

Sementara dalam sambutannya Brigjen. Pol. Djati Wiyoto Abadhy mengatakan Satpam memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja oleh karena itu keberadaan DPD APSI Jaya sebagai wadah profesi Satpam di wilayah Jakarta Raya menjadi sangat strategis dalam meningkatkan profesionalisme dan kualitas satuan pengamanan.

“Dalam perkembangan ekonomi dan industri yang cukup pesat saat ini peran Satpam menjadi semakin vital mereka tidak hanya menjaga keamanan fisik tetapi juga turut berkontribusi dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif.” Ujar Wakapolda.

Lanjut, kehadiran Satpam yang profesionalisme dapat memberikan rasa aman bagi para investor dan pelaku usaha yang pada gilirannya tentu mendorong pertumbuhan ekonomi dan Satpam dengan kewenangannya menjadi garda terdepan dalam pencegahan kejahatan di lingkungan kerja dan area komersial kemampuan mereka dalam mendeteksi dini dan penanganan awal insiden keamanan sangat membantu tugas Kepolisian dalam menjaga ketertiban umum.

“Dalam konteks pengembangan industri Satpam berperan penting dalam melindungi aset-aset strategis perusahaan mulai dari pengamanan fasilitas industry, produksi perlindungan properti intelektual hingga pengawasan rantai pasokan dan lebih jauh lagi.” Ucap Djati.

Tidak hanya itu, Satpam modern dituntut untuk memiliki pemahaman yang baik tentang manajemen risiko keamanan mereka harus mampu mengidentifikasi menganalisis dan merespon berbagai ancaman keamanan yang mungkin timbul dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

“Kemampuan ini tidak hanya melindungi aset perusahaan tapi juga mendukung keberlanjutan operasional bisnis dalam era digital peran Satpam juga berkembang mencakup aspek keamanan cyber meski bukan ahli IT satpam perlu memiliki kesadaran dan kewaspadaan terhadap ancaman keamanan digital mereka menjadi mata dan telinga organisasi dalam mendeteksi potensi pelanggaran keamanan informasi.” Ujarnya.

Lebih lanjut Djati menjelaskan, DPD APSI Jaya memiliki peluang besar untuk mengembangkan program-program yang meningkatkan kompetensi Satpam dalam menghadapi era industri 4.0 dengan demikian profesi Satpam akan terus berkembang menjadi mitra strategis bagi Kepolisian dan pelaku industri dalam menjaga stabilitas keamanan yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dengan mempertimbangkan peran strategis Satpam dalam mendukung keamanan dan pembangunan ekonomi maka pelantikan kepengurusan baru DPD APSI Jaya ini menjadi momen yang sangat penting dan saya berharap kepengurusan yang baru dapat membawa perubahan positif dan inovasi dalam pengembangan profesi satpam diwilayah Jakarta raya.” Ungkapnya.

Selain itu Djati mengungkapkan, peningkatan dan profesionalisme Satpam harus menjadi prioritas utama sejalan dengan tuntutan zaman dan kompleksitas tantangan keamanan yang kita hadapi DPD APSI Jaya dapat menjadi pionir dalam mengembangkan program-program unggulan yang dapat dicontoh oleh DPD APSI lainnya di seluruh Indonesia.

Ia berharap DPD APSI Jaya dapat memperkuat sinergi dengan Polda Metro Jaya dan stakeholder terkait lainnya kolaborasi yang erat antara Satpam Kepolisian dan masyarakat akan menciptakan ekosistem keamanan yang lebih efektif dan Tangguh.

Diakhir sambutannya Brigjen. Pol. Djati Wiyoto Abadhy mengucapkan selamat sekali lagi kepada seluruh jajaran pengurus DPD APSI Jaya yang baru saja dilantik.

“Karena keamanan adalah hasil dari kerjasama dan setiap orang memiliki peran dan menciptakan lingkungan yang aman mari kita bersama-sama berkomitmen untuk menciptakan Jakarta Raya yang lebih aman tertib dan kondusif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.” Pungkasnya.

 

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close