BeritaEkonomiPolitikRegional

R Dhani Wirianata dan Melly Goeslaw Ajak Gen Z dan Milenial Tingkatkan UMKM Melalui Ekonomi Kreatif

BIMATA.ID, Bandung — Bakal calon wali Kota Bandung dari Partai Gerindra Ridwan Dhani Wirianata bersama anggota DPR RI terpilih, Melly Goeslaw bertemu dengan sejumlah milenial Kota Bandung membahas terkait ekonomi kreatif di era digitalisasi, di Cafe 1994 coffee and creative space, Ciburial, kota Bandung, Minggu (18/8/2024).

Melly Goeslaw mengatakan, Kota Bandung gudangnya anak-anak muda yang kreatif. Hal tersebut Melly lihat sendiri saat kampanye Pileg lalu yang dimana banyak bibit, kreator, dan budayawan seniman di Kota Bandung.

“Tentu yang bakal menjadi pekerjaan rumah bagi saya atau kang Dhani nanti bila terpilih sebagai wali kota ialah menjadikan Bandung sebagai magnet agar orang-orang dari luar Bandung bisa datang ke Bandung dan mendapatkan inspirasi guna berkreasi menghidupi hidupnya lewat sebuah wadah bisnis besar dan ujungnya bisa menjadi pemasukan untuk negara,” kata Melly Goeslaw, Senin (19/08/2024).

Selain itu, Melly pun mengajak milenial dan gen z untuk senantiasa menggunakan media sosial secerdas-cerdasnya dan sebaik mungkin. Sebab, saat ini digitalisasi sudah sangat banyak digunakan milenial, seperti Facebook, Instagram, Youtube, X, hingga TikTok.

Baca Juga : Kembali Kenakan Baju Adat, Prabowo Dampingi Jokowi di Upacara Penurunan Bendera HUT ke-79 RI

Sementara itu, Ridwan Dhani pun mengakui peran UMKM sangat penting bagi kemajuan bangsa.

Apalagi, ketika pandemi Covid-19, UMKM justru tumbuh subur.

Sehingga, kang Dhani menjelaskan, jika nanti terpilih sebagai wali Kota Bandung, akan membuat sebuah kebijakan yang memprioritaskan UMKM.

“Sisi eksekutif tentu keberpihakan pemerintah ke UMKM harusnya menjadi utama. Kami sekarang sedang mempunyai mimpi mencapai Indonesia Emas 2045. Kami juga ingin mencapai ekonomi 8 persen dengan kuncinya ekonomi Pancasila, di mana gotong royong lewat UMKM,” ucap kang Dhani.

Tak hanya itu, kang Dhani juga menegaskan dirinya bakal peduli terhadap UMKM dan melihat permasalahan yang dihadapinya.

Bandung dahulu sempat terkenal dengan wilayah Cibaduyut sebagai sentra sepatu.

Namun, sekarang banyak yang gulung tikar di sana lantaran tak ada gebrakan dari pemerintah.

“Saya ingin menghadirkan paket liburan ke agen wisata yang mau ke kota Bandung, ya salah satunya mesti datangi Cibaduyut. Kami harus tunjukan mana saja produk sepatu Bandung yang mendunia. Saya juga ingin membuat regulasi wali kota, wakil dan seisinya harus menggunakan sepatu Cibaduyut,” ujarnya.

Simak Juga : Mendapat Banyak Dukungan Parpol, Bukti Prabowo Sukses Kedepankan Politik Persatuan

Diapun menerangkan, terkait pemasaran dirinya ingin membuat banyak event baik taraf nasional atau Internasional yang melibatkan UMKM melalui Expo atau pameran.

“Jangan hanya keberpihakan kepada UMKM soal modal tapi berikan solusi ketika mereka sudah berjalan usahanya terkait penjualannya seperti apa. Jadi, saya akan buat kebijakan UMKM Bandung produknya baik makanan, fesyen, dan kerajinan akan disimpan di setiap hotel dan restoran di Bandung,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close