Bimata

Pilot Helikopter WN Selandia Baru Dibunuh-Dibakar KKB

BIMATA.ID PAPUA Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan penyanderaan dan pembunuhan terhadap pilot Helikopter milik PT Intan Angkasa Air Service, Glen Malcolm Conning (50) berkebangsaan Selandia Baru.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani mengatakan peristiwa itu terjadi di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (5/8) sekitar pukul 10.00 WIT. Para pelaku juga membakar helikopter jenis IWN MD.500 ER PK.

“Benar telah terjadi penyanderaan dan pembunuhan yang dilakukan oleh KKB terhadap Mr. Glen Malcolm Conning yang merupakan pilot Helikopter milik PT. Intan Angkasa Air Service,” jelas Faizal Ramadhani dikutip pada Selasa (6/8/2024).

“Kejadian tersebut terjadi saat helikopter tiba di Distrik Alama dengan membawa empat penumpang, yaitu dua orang dewasa (nakes) dan 1 bayi serta 1 Anak dari Bandara Moses Kilangin Timika,” sambungnya.

Ditambahkan Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno bahwa informasi pembunuhan ini yang diterima oleh saksi D, yang mengungkapkan pada saat helikopter tiba, para penumpang dan pilot langsung di hadang oleh KKB.

Kemudian pilot dan penumpang diturunkan dari helikopter. Mereka dikumpulkan di lapangan tepatnya sekitar Lokasi helicopter mendarat. Setelah itu, KKB langsung membunuh pilot dan jenazah dibawa ke heli lalu dibakar.

“Identitas Pilot Mr.Glen Malcolm Conning, tempat tanggal lahir di Selandia Baru, 23 Februari 1974, jenis kelamin laki – laki, berkebangsaan Selandia Baru, No Passport LM096455. Pekerjaan pilot helikopter milik PT. Intan Angkasa Air Service,” terang Bayu.

Sementara untuk identitas penumpang, lanjut Bayu, sesuai dengan manifest dan berdasarkan informasi dari lapangan bahwa seluruh penumpang dalam keadaan selamat.

“Ya benar, seluruh penumpang selamat, karena mereka merupakan warga setempat yaitu, distrik Alama, Kabupaten Mimika,” ucap Bayu.

(W2)

Exit mobile version