BeritaHukumNasionalPeristiwaPolitikUmum

Minta Pendemo RUU Pilkada Dipulangkan, Dasco: Kami Penjaminnya

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mendatangi Polda Metro Jaya untuk melihat kondisi pendemo yang diamankan setelah aksi menolak revisi UU Pilkada. Dasco menyebut DPR menjadi penjamin massa yang tidak melakukan tindak pidana berat dibebaskan.

Dasco hadir bersama Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi Gerindra Habiburokhman, Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi Golkar Adies Kadir, dan anggota Komisi III DPR Fraksi Golkar Sari Yuliati. Mereka bertemu langsung Wakapolda Metro Jaya Brigjen Djati Wiyoto Abadhy, yang didampingi Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Wira Satya Triputra.

BACA JUGA: Prabowo Terima Kunjungan Komandan Koopsus AS, Bahas Perkuatan Kemitraan

“Kami ingin meminta kepada pihak kepolisian agar adik-adik segera dikembalikan ke rumahnya sepanjang tidak ada pelanggaran tindak pidana yang berat. Dan kami akan menjamin, sebagai penjamin, untuk mereka dikeluarkan,” kata Dasco di Polda Metro Jaya, Jumat (23/8/2024).

“Kami tadi sudah menandatangani surat sebagai penjamin agar adik-adik ini bisa kembali ke rumah, ke keluarganya,” imbuhnya.

Dasco mengatakan sudah mengecek keadaan para peserta aksi yang diamankan. Di Polda Metro Jaya ada total 50 orang peserta aksi yang diamankan.

“Barusan kami sudah melihat adik-adik yang di dalam dan melihat keadaan hampir seluruhnya dalam keadaan baik. Tadi kami sudah minta kepada pihak kepolisian, dalam hal ini pak Wakapolda dan Dirkrimum, untuk dapat segera dipulangkan,” ujarnya.

BACA JUGA: Prabowo Dibahas di Artikel Opini Media AS Newsmax: Bisa Bawa RI Menuju Kemakmuran

Dasco mengatakan massa diamankan yang masih di bawah umur sudah dipulangkan terlebih dahulu. Pihaknya juga akan mengecek peserta aksi terluka yang tengah menjalani pemeriksaan di rumah sakit. Dia menegaskan mereka yang tidak terlibat dalam dugaan tindak pidana berat akan dipulangkan.

“Kami lagi lihat kasus per kasusnya. Kami akan menjamin bagi yang tidak melakukan tindak pidana berat. karena ada informasi ada yang bakar mobil dan lain-lain,” tuturnya.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close