BeritaPolitik

Menghormati Leluhur: Ridwan Dhani Wirianata Ziarah ke Makam Pendiri Bandung Sebelum Deklarasi Pencalonan

BANDUNG – Sebelum secara resmi mendeklarasikan diri sebagai bakal calon wakil wali kota Bandung dan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Ridwan Dhani Wirianata mengunjungi makam pendiri Bandung di Dalem Kaum pada Rabu (28/8/2024).

Dalam ziarah tersebut, Dhani mengenakan pakaian serba putih dipadukan dengan celana jeans. Kehadirannya di makam pendiri Bandung ini mengejutkan beberapa pihak, termasuk keturunan Wiranata Kusumah, Rudi Wiranata Kusumah.

“Kang Dhani hari ini mencoba menelusuri kembali asal-usul leluhurnya. Ternyata, beliau memiliki hubungan kekerabatan dengan leluhur kami, yang masih memiliki kaitan dengan pendiri Bandung,” ujar Rudi.

Menurut Rudi, Ridwan Dhani memiliki garis keturunan dari buyutnya yang menggunakan nama Wiranata Kusumah. Ia pun mengapresiasi sosok Dhani sebagai figur muda yang peduli terhadap sejarah Bandung dan leluhurnya.

“Kang Dhani, jika lolos dan terpilih, diharapkan bisa menjadi sosok muda yang membawa perubahan. Kami butuh figur segar yang memahami sejarah dan tradisi leluhur Sunda, terutama dalam melestarikan Bandung sebagai ibu kota Jawa Barat dan simbol Asia-Afrika,” lanjutnya.

Rudi, bersama Krisna Wiranata Kusumah dan Ahmad Kusumayuda, menyatakan dukungannya, meski menurutnya, setiap calon memiliki hak untuk berziarah.

“Dari cerita Kang Dhani, ia merupakan keturunan Wiranata Kusumah dari buyut garis ayahnya. Namun, ada istilah ‘kawargian Bandung,’ yang mencakup keturunan Wiranata Kusumah dari generasi pertama hingga kelima. Sama seperti di Sumedang ada ‘wargi Sumedang’ dan di Majalengka ada ‘wargi Majalengka,’ keluarga Bandung pun memiliki turunan yang disebut kawargian Bandung,” jelas Rudi.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close