BeritaNasionalPolitik

Kapolres Metro Jakarta Timur Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Ops Mantap Praja Jaya 2024

BIMATA.ID Jakarta – Polres Metro Jakarta Timur melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Jaya 2024 dalam rangka pengamanan Pemilukada 2024 di wilayah Kota Jakarta Timur.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Nicolas Ary Lilipaly yang menjadi pemimpin Apel gelar pasukan yang bertempat di Lapangan Museum Purna Bakti TMII Jakarta Timur, Rabu pagi (14/08/2024).

Turut hadir dalam Apel Gelar pasukan dari unsur Forkopimko Jakarta Timur, Dandim 0505/JT (Diwakili oleh Kasdim 0505/JT) Letkol Inf Ali Cahyono, Walikota Adm. Jakarta Timur diwakili oleh Kasatpol PP Jakarta Timur Budi Novian, POM AU, POM AD, Garnisun, Damkar Jakarta Timur, Para PJU dan Kapolsek Jajaran, Danramil, Camat Kota Jakarta Timur dan Stakeholder lainnya.

Untuk peserta apel sendiri terdiri dari Personil Polres Metro Jakarta Timur dan Polsek Jajaran, Kodim 0505/ JT, Satpol PP, Dishub, Linmas, Saka Bhayangkara dan Pokdarkamtibmas.

Apel gelar pasukan dimulai pada pukul 08.00 WIB diawali dengan laporan Komandan Upacara oleh AKP Sumardi, S.H, dimulainya apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Jaya 2024 yang dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Apel Kapolres Metro Jakarta Timur didampingi Kasdim Dandim 0505/JT, Kasat Pol PP Jakarta Timur.

Acara selanjutnya penyematan pita tanda kepada perwakilan personil Operasi Mantap Praja Jaya dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP.

Dalam amanatnya, Nicolas yang mengatakan Polri pada hari ini melaksanakan Operasi Mantap Praja Jaya 2024 dalam rangka pengamanan Pemilukada secara serentak di seluruh Indonesia.

“Apel gelar pasukan ini bentuk pengecekan akhir dalam kesiapan Operasi Mantap Praja Jaya 2024 sehingga Pilkada DKI Jakarta dalam terselenggara dengan aman dan kondusif.” ucap nya.

Dikatakannya momen ini adalah momen politik sangat penting karena akan melaksanakan pesta demokrasi untuk warga DKI Jakarta.

“Aparat keamanan bersama instansi terkait dan stakeholder mari kita laksanakan pengamanan di wilayah Jakarta Timur ini dengan penuh rasa tanggung jawab, karena ini merupakan momen penting pesta demokrasi warga masyarakat DKI Jakarta”. Tutur Kapolres.

Operasi Mantap Praja Jaya 2024 ini berlangsung selama 140 hari sejak 14 Agustus 2024 – 31 Desember 2024 dengan melibatkan personil 873 anggota polri yang akan disebar ke 4.144 tps di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Timur.

Pihaknya menambahkan bahwa Polri akan melakukan tahap tahap deteksi dini, cooling system, pengamanan, hingga kepada penindakan hukum dalam pelaksanaan Operasi Mantap Praja Jaya 2024 ini.

“Dan tentunya juga pengawasan terhadap tindakan terorisme menjadi perhatian yang perlu diawasi yang bertentangan dengan pemerintahan dan negara.” Tambahnya.

Kapolres juga menyampaikan penekanannya yang perlu dipedomani dan dilaksanakan kepada seluruh personel pengamanan nantinya yang akan bertugas dalam Operasi Mantap Praja Jaya 2024 ini, diantaranya :

1. Tingkatkan keimanan kepada tuhan yang maha kuasa.
2. Jadikan ladang amal ibadah dalam pelaksanaan tugas ini.
3. Lengkapi dengan perlengkapan kebutuhan pribadi baik obat obatan maupun kebutuhan lainnya.
4. Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.
5. Lakukan komunikasi dengan tokoh masyarakat maupun kepada seluruh masyarakat disekitar.
6. Lakukan sinergitas antara stake holder terkait agar tercipta situasi yang harmonis.
7. Selamat bertugas kepada seluruh personil dan stake holder terkait.

Dalam apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Jaya 2024 di Lapangan Museum Purna Bakti TMII, Polres Metro Jakarta Timur menggelar peralatan baik roda 2 dan roda 4.

Kemudian selesai apel gelar pasukan dilakukan Pelatihan Kepolisian Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota). Ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan penanganan konflik sosial dan menjaga keamanan selama pelaksanaan Pemilukada 2024 DKI Jakarta mendatang.

 

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close