BeritaNasionalPolitik

Ini Langkah Ditbinmas Polda Metro Jaya Jelang Pilkada Serentak

BIMATA.ID Jakarta – Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di wilayah DKI Jakarta, Ditbinmas Polda Metro Jaya telah meningkatkan sistem pendinginan atau cooling system untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama proses Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah.

Kombes Pol. Badya Wijaya Dirbinmas Polda Metro Jaya mengatakan sesuai dengan arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto untuk meningkatkan kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam menciptakan situasi yang kondusif dengan Cooling System.

“Langkah ini diambil sebagai respons terhadap potensi kerawanan yang dapat terjadi selama tahapan Pilkada, terutama mengingat pentingnya momen demokrasi yang akan dihadapi oleh masyarakat.” Ujarnya saat memberikan keterangan di Gedung Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Kamis (01/08/24).

Lanjut Badya, dengan mengedepankan dan harus dilaksanakan adalah kegiatan Siskamling (Sistem Kemananan Lingkungan) yang menyangkut kegiatan Pam Swakarsa, Pam Swakarsa itu ada dua yaitu satpam dan juga keamanan lingkungan.

“Sesui arahan Bapak Kapolda untuk menggiatkan Siskamling di wilayah basis komunitas RW, jadi kita menggunakan itu, karena kalau komunitas sudah kuat Insya Allah masalah kepedulian akan timbul untuk menggairahkan kamtibmas lingkungannya”. Ucapnya.

Lebih lanjut Badya, salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi masyarakat adalah melalui kegiatan rembuk warga, di mana warga dapat berkumpul dan berdiskusi dengan kepolisian.

“Kegiatan ini tidak hanya sebagai sarana pencerahan dan edukasi politik bagi warga, tetapi juga sebagai wadah untuk mengumpulkan aspirasi dan masukan terhadap kepolisian yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.” Ungkapnya.

Tidak hanya itu, dengan kerja sama dan komitmen yang kuat dari semua pihak, diharapkan pilkada dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar mewakili keinginan dan aspirasi masyarakat.

“Mari kita bersama-sama meningkatkan kesadaran dan partisipasi kita dalam pilkada, demi masa depan daerah yang lebih baik dan demokrasi yang lebih kuat.” Ujarnya.

Selain itu, Kegiatan Cooling System seperti ini tidak hanya sebagai sarana pencerahan dan edukasi politik bagi warga, tetapi juga sebagai wadah untuk mengumpulkan aspirasi dan masukan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

“Peran serta pelajar dan mahasiswa juga sangat penting, terutama bagi mereka yang baru pertama kali akan menggunakan hak pilihnya.” tungkas Badya.

 

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close