BeritaPeristiwaPolitikRegionalUmum

Golkar Turun Kelas, Tongkat Komando DPRD Bone Beralih ke Kader Gerindra

BIMATA.ID, BONE – Partai Golkar selama beberapa Pemilu terakhir selalu menjadi pemenang di kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) dengan mendominasi perolehan kursi di DPRD Bone dan selalu memegang kursi pimpinan Ketua DPRD Bone

Utamanya di era kepemimpinan Almarhum Ketua DPD Golkar, A. Idris Galigo yang juga mantan Bupati Bone dua periode, Golkar pernah mencapai masa keemasannya.

Namun di bawah Nahkoda Andi Fahsar M Padjalangi sebagai Ketua DPD Golkar Bone perolehan kursi partai beringin semakin melorot.

BACA JUGA: Prabowo Sebut Suasana IKN Baik: Saya Optimistis, Pakar akan Dikerahkan

Tercacat Hasil Pileg 2014 perolehan kursi Golkar mulai turun. Saat itu Partai Golkar masih meraih 18 kursi DPRD Bone, Pileg 2019 turun menjadi 8 kursi dan pileg 2024 perolehan kursi golkar kembali hilang 2 kursi dan hanya mampu mempertahankan 6 kursi.

Kursi Ketua DPRD Bone pun yang selalu dikunci golkar kini beralih ke Partai Gerindra.

Partai Gerindra mampu menaikkan jumlah kursi dari 5 Kursi sebelumnya menjadi 8 Kursi sekaligus sebagi pemenang Pileg 2024 dan mengunci posisi Ketua DPRD Bone.

Partai Golkar kini turun kelas mengunci kursi pimpinan Wakil Ketua II DPRD Bone.

Tidak hanya Gerindra, Partai PKB yang dulunya hanya punya 3 kursi kini naik drastis menjadi 7 kursi dan mengunci kursi wakil Ketua 1 Pimpinan DPRD Bone.

BACA JUGA: Sidang Kabinet Perdana di IKN, Prabowo Hadir Sebagai Presiden Terpilih 2024-2029

Disusul Partai PPP yang mengalami loncatan perolehan kursi dari 2 kursi, menjadi 5 kursi dan mengunci Wakil Ketua III DPRD Bone.

Tidak hanya Golkar, Partai Demokrat dan PAN juga mengalami kemunduran dan tersingkir dari jatah wakil pimpinan DPRD Bone.

Demokrat hanya meraih 4 kursi dari sebelumnya 5 kursi dan PAN 3 kursi di Pileg 2024 dan kehilangan 2 kursi.

Sedangkan PKS, NasDem, bertahan 4 kursi, Hanura turun dari 2 kursi menjadi 1 kursi, Perindo bertahan 1 kursi.

Pada Rapat Paripurna ini Plt Sekretaris DPRD Bone, Idrus mengumumkan Ketua dan Wakil Ketua Sementara DPRD Bone di Ruang Paripurna DPRD Bone, Senin (12/8/2024).

Bustanil Arifin Amri dari Partai Gerindra ditetapkan sebagai Ketua Sementara DPRD, serta Muh Hasrullah dari Partai PKB ditetapkan sebagai Wakil Ketua Sementara DPRD Bone.

Secara simbolis Irwandi Burhan menyerahkan palu sidang kepada Bustanil Arifin Amri sebagai bentuk berakhirnya masa jabatan Anggota DPRD Bone masa jabatan 2019-2024.

BACA JUGA: Sidang Kabinet Perdana di IKN, Prabowo Hadir Sebagai Presiden Terpilih 2024-2029

Pada sambutannya, Bustanil Arifin Amri memohon dukungan untuk menyelesaikan ketugasan DPRD Bone periode 2024-2029.

” Prinsip kita kalau bisa cepat kenapa harus lambat, kalau bisa hari ini kenapa harus ditunda, kita semua telah mendapatkan gelar kehormatan sebagai anggota Dewan terhormat. Tugas utama kita membawakan dan memperjuangkan suara rakyat yang kita wakili, ” bebernya.

Bustanil juga mengingatkan kepada Anggota DPRD yang baru untuk jangan alergi dengan kritikan dan Sorotan, tetapi dijadikan motivasi.

”Sebagai anggota Dewan yang baru tentu sorotan keras dan kritikan tidak boleh membuat kita Alergi tetapi harus dijadikan motivasi diri agar benar benar dapat memahami fungsinya secara Proporsional dan Profesional, ” kuncinya.

BACA JUGA: Mengenal Maung Tangguh, Mobil Nasional Besutan Prabowo yang Digunakan di Kirab Bendera Pusaka

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close