BeritaPeristiwaPolitikRegional

Gerindra Sebut Putusan MK Bukan Ancaman Buat RK – Suswono di Pilgub Jakarta

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jakarta, Ahmad Riza Patria, memberikan tanggapannya soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang telah mengubah aturan dalam Undang – Undang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada) terkait ambang batas (threshold) pencalonan Kepala Daerah.

Menurutnya, Gerindra sendiri menghormati sepenuhnya putusan MK tersebut. Ia juga menegaskan, bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM), dan KIM Plus tetap solid dalam mendukung pasangan Ridwan Kamil – Suswono untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

“Bagi kami, baik di Partai Gerindra maupun KIM Plus, tidak ada masalah dengan putusan MK. Kami sejak awal selalu menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apapun produk hukum yang dihasilkan, selama sesuai dengan UUD 1945, tentu kami akan patuh dan taat,” ujar Riza Patria dalam program “Beritasatu Sore” yang disiarkan BTV, pada Selasa (20/08/2024).

Baca juga: Kedatangan Prabowo jadi Bahasan Parlemen Australia, Tuai Pujian karena Ketulusan

Selain itu, sambungnya, Gerindra dan KIM Plus selalu mematuhi keputusan institusi berwenang, seperti KPU dan Bawaslu, yang menjalankan fungsi penyelenggara Pemilihan Umum (pemilu).

Sehingga, Riza memastikan partainya akan terus mengikuti aturan yang berlaku, baik dalam konteks pemilu, pilpres, maupun pilkada.

“Kami menghormati putusan MK yang baru saja diputuskan. Tentu kami akan mengikuti setiap peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Lihat juga: Prabowo Bertemu PM Australia, Bahas Tantangan Regional dan Latihan Bersama

Sebelumnya, PDIP kesulitan memenuhi ambang batas 20% karena kurangnya mitra koalisi. berdasarkan hasil Pileg DPRD Jakarta 2024, PDIP memperoleh 850.174 suara atau 14,01%, menjadikannya satu-satunya partai yang belum mendeklarasikan Calon Gubernur (Cagub).

“Kami tidak merasa terancam. Sebagai partai yang selalu patuh terhadap peraturan, kami siap menunggu ketentuan lebih lanjut dari PKPU dan KPU. Apa pun keputusan KPU sebagai penyelenggara, kami akan mengikutinya dengan taat,” tegasnya.

Oleh karena itu, Riza menyatakan, Gerindra tidak gentar menghadapi lawan politik manapun di Pilgub Jakarta, termasuk kemungkinan menghadapi calon independen atau calon yang diusung oleh partai lain.

Simak juga: Prabowo Bertekad Lanjutkan ‘Good Neighbor Policy’ dengan Australia

“Baik di Jakarta maupun di seluruh Indonesia, KIM dan KIM plus siap berkompetisi secara sehat, dengan mengedepankan integritas demokrasi serta kepentingan rakyat, bangsa, dan negara. Kami yakin pasangan yang diusung oleh KIM Plus akan memenangkan Pilkada serentak di berbagai daerah,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close