BeritaPolitikRegional

Sukseskan Pilkada 2024, Polres Jakbar Bersama Forkopimko Gelar Rakor Ops Mantap Brata Jaya 2024

BIMATA.ID JAKARTA – Polres Metro Jakarta Barat bersama dengan Forkopimko Jakarta Barat menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Kepolisian Mantap Brata Jaya 2024.

Kegiatan Rakor ini dilaksanakan di ruang Rapat Wijaya Kusuma, lantai 2, Kantor Walikota Jakarta Barat, Selasa, 30/7/2024.

Wakil Walikota Jakarta Barat, Bpk Hendra Hidayat, menyampaikan pandangannya mengenai pelaksanaan Ops Mantap Praja Jaya 2024.

Menurutnya, operasi ini merupakan inisiatif penting dalam memastikan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya Pilkada serentak di berbagai daerah.

“Operasi ini telah menunjukkan kesiapan personel keamanan, termasuk TNI dan Polri, dalam mengawal proses demokrasi. Penempatan personel di berbagai titik strategis mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat dan peserta Pilkada,” ungkap Hendra Hidayat, Selasa, 30/7/2024.

Ia juga menekankan aspek positif dari pendekatan humanis yang diterapkan oleh personel keamanan.

“Personel keamanan tidak hanya bertugas menjaga keamanan, tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga ketertiban selama proses pemilihan,” lanjutnya.

Koordinasi yang baik antara berbagai lembaga, seperti KPU, Bawaslu, TNI, Polri, dan pemerintah daerah, sangat terlihat.

“Hal ini mencerminkan sinergi yang baik dalam upaya menjaga kelancaran proses Pilkada,” tambahnya.

Namun demikian, Hendra Hidayat juga mencatat adanya beberapa tantangan, seperti potensi konflik horizontal di daerah yang memiliki sejarah ketegangan.

“Diperlukan langkah-langkah proaktif untuk mencegah terjadinya konflik tersebut,” katanya.

Ia juga menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung operasi ini.

“Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai peran mereka dalam menjaga ketertiban selama Pilkada harus terus ditingkatkan,” tegas Hendra Hidayat.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol M Syahduddi, dalam sambutannya mengatakan bahwa tahun 2024 merupakan tahun yang sangat penting bagi bangsa dan negara.

Pemilu 2024 akan menjadi momen krusial dalam menentukan arah masa depan Indonesia, dan peran serta semua pihak dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu sangatlah vital.

“Operasi Mantap Praja Jaya 2024 ini adalah wujud nyata komitmen kita bersama dalam memastikan bahwa setiap tahapan Pemilu, mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga pasca pemungutan suara, dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar,” ujar Kombes Pol M Syahduddi.

Beliau juga menekankan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan bersama diantaranya, Pentingnya sinergi antara semua pihak terkait, baik itu pemerintah daerah, TNI, Polri, maupun masyarakat, untuk menciptakan situasi yang kondusif selama Pemilu berlangsung.

Kemudian, *Profesionalisme dan Integritas, Setiap anggota yang terlibat dalam operasi ini harus menunjukkan profesionalisme dan integritas tinggi dalam menjalankan tugasnya, dengan menjunjung tinggi prinsip netralitas dan keadilan.

Lanjut, Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan, Kita harus selalu waspada terhadap segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu jalannya Pemilu, serta siap mengambil tindakan preventif untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan Pendekatan Humanis, Dalam menjalankan tugas, mari kita kedepankan pendekatan yang humanis, dengan mengedepankan dialog dan upaya persuasif dalam mengatasi berbagai potensi konflik yang mungkin timbul.

“Saya percaya, dengan komitmen dan kerja keras kita bersama, Operasi Mantap Praja Jaya 2024 akan berhasil mencapai tujuannya, yaitu menciptakan situasi yang aman, damai, dan kondusif bagi pelaksanaan Pemilu 2024,” pungkas Kombes Pol M Syahduddi.

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir diantaranya, Kapolres JB Kombes Pol M Syahduddi., S.I.K, M.Si, Dandim 0503/JB Kolonel Inf ES Putra Siregar., S.I.K, Walikota JB diwakili Bpk. Drs. Hendra Hidayat., M.A, Kabag Ops Akbp Randi Ariana, S.I.K., M. Si, Kasat Intel Polres Jakbar Akbp Reza Marufi, SH., S.I.K., M.H, Kajari Kota Administrasi Jakarta Barat Bpk.Hendri Antoro., S.Ag, Ketua Pengadilan Negri Jakarta Barat Bpk. Achmad Satibi., S.H, M.H, Wakapolres JB AKBP Teuku Arsya Khadafi., S.I.K, M. Si, Ketua KPUD Kota Jakarta Barat Ibu Siti, Ketua Bawaslu Kota Jakarta Barat Bpk Wanda Gunawan, Asisten Pemerintahan Bpk Firman Udin, Kasuban Kesbang Pol Kota Administrasi JB Bpk. Matsani, Kasat Pol PP Admistrasi Jakarta Barat diwakili Kasiops Bpk. Suparlan, Pasi Ops Kodim Mayor Cke Wahidin, Para Danramil Kodim 0503/JB, Para Kapolsek Jajaran Polres Jakbar, Para Camat Wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat, Para Lurah Se Walikota JB, Kepala Suku dinas Kesehata Kota Administrasi Jakarta Barat Bpk. Erizon Safari, Kepala BPBD Kota Administrasi Jakarta Barat Bpk. Fitus Dwi Undarto., S.Ap

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close