BeritaEkonomiNasionalPeristiwaRegionalTravelUmum

Sandiaga Uno Beri Saran ke Prabowo Untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Asing Ke RI

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan saran kepada Pemerintahan Prabowo – Gibran Rakabuming Raka yang akan datang untuk meningkatkan kunjungan pariwisata ke tanah air. Salah satunya meningkatkan hingga 20 juta wisatawan mancanegara ke RI.

Sandi menyarankan Pemerintah untuk menambah penerbangan internasional ke Indonesia dan melanjutkan program destinasi super prioritas. Menurutnya, penambahan jumlah penerbangan langsung ke Indonesia harus ditingkatkan karena informasi yang dia terima, minat wisatawan mancanegara untuk berwisata ke tanah air sangat tinggi, sementara jumlah penerbangannya terbatas.

BACA JUGA : Muzani: Pak Prabowo Amanahkan Dhani untuk Bandung yang Lebih Baik

“Sangat mudah sebetulnya untuk mencapai 20 juta wisatawan mancanegara bagi pemerintah kedepan, tinggal menambah jumlah penerbangan,” kata Sandiaga uno usai kunjungan kerjanya di Kabupaten Bantul, Minggu, 21 Juli 2024.

Langkah ini sebaiknya turut didukung dengan penyelenggaraan berbagai event kelas dunia sebagai magnet untuk menarik wisatawan. Sandi mencontohkan seperti pameran seni kontemporer tahunan di Yogyakarta, yaitu art jog.

Kemudian, dia juga memberi masukan kepada pemerintahan berikutnya agar melanjutkan program Destinasi pariwisata Super Prioritas (DPSP) era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Saratoga Group tersebut mengungkapkan bahwa saat ini telah ada lima destinasi super prioritas yang terus dikembangkan pemerintah Indonesia. Yakni kawasan Borobudur, Danau Toba Sumatera Utara, Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB).

BACA JUGA: Prabowo Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 8 Persen

“Lima destinasi super prioritas ini kami rekomendasikan ke pemerintah selanjutnya untuk diteruskan. Sehingga kita punya lima destinasi yang bisa menopang destinasi unggulan kita yaitu Bali,” ujar Sandiaga.

Kemenparekraf saat ini telah menaikkan target kunjungan wisatawan mancanegara pada 2024 dari yang sebelumnya 14,3 juta menjadi 17 juta kunjungan. Kemudian Sandiaga juga menjelaskan bahwa peningkatan target tersebut merupakan respons dari tingginya capaian kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2023.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengatakan, sementara untuk wisatawan domestik, pemerintah bisa menyediakan tiket pesawat dengan harga lebih terjangkau, agar pergerakan wisatawan nusantara terus mengalami peningkatan.

BACA JUGA: Sudaryono Diangkat Jadi Wamentan, Prabowo Segera Putuskan Kandidat Gerindra di Jawa Tengah

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close