BeritaEkonomiNasionalPeristiwaUmum

Prabowo Diam-diam Sudah Kantongi Nama Menteri Keuangan yang Baru

BIMATA.ID, Jakarta – Presiden terpilih Prabowo Subianto diam-diam sudah mengantongi nama Menteri Keuangan baru. Hal itu diungkapkan Ekonom Verdhana Sekuritas, Heriyanto Irawan yang mengaku sudah berdiskusi dengan menteri keuangan yang ditunjuk tersebut.

Heriyanto mengatakan menteri keuangan periode Prabowo-Gibran meminta saran kepadanya terkait market friendly. Hal ini untuk menanggapi berita heboh di Financial Times soal wawancara dengan Hashim Djojohadikusumo seputar rencana utang ke depan.

BACA JUGA: Prabowo Prihatin atas Insiden Penembakan Trump di AS: Tak Ada Tempat untuk Kekerasan di Demokrasi

“Kebetulan minggu lalu ada lagi berita dari Financial Times tentang interview. Pagi-pagi saya di-texting dari menteri keuangan yang akan datang, minta tanggapan yang market friendly gitu,” kata Heriyanto dalam acara Market Outlook 2024, dikutip Rabu (17/7/2024).

“Her, kasih dong apa sih komentar yang market friendly gitu lho, supaya bisa dikomunikasikan,” kata Heriyanto menirukan.

Sayangnya, Heriyanto tidak membeberkan nama orang yang dimaksud yang akan mengisi kursi Menteri Keuangan di kabinet Prabowo-Gibran.

“Waktu itu saya lagi breakfast, meeting sama satu orang, tak pikir-pikir apa ya. Kemudian saya cepat-cepat kirim ke beliau, siangnya dia kirim berita dari Reuters. Dari Reuters itu mengutip dan kemudian saya juga kaget semua kata-kata yang saya kirim itu ada di sana gitu loh,” ungkap Heriyanto.

Menurutnya, sosok calon Menteri Keuangan tersebut sangat memperhatikan nasib market Indonesia. Heriyanto juga menyebut sudah berkomunikasi dengan tim ekonomi Prabowo-Gibran.

BACA JUGA: Muzani : Prabowo Ingin Seluruh Kepala Daerah Diusung Gerindra Punya Hati Yang Bersih dan Niat Suci

“Di situ lah kita merasa ada kesempatan nih di mana market kita sudah keburu negative thinking, sudah jual duluan, tapi sebenarnya nanti kalau sudah lihat programnya mungkin, atau sudah lihat orangnya, oh ini kok kayaknya paten juga gitu, mungkin bisa begitu,” beber Heriyanto.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hanya menjawab singkat ketika ditanya nama menteri keuangan yang sudah dikantongi Prabowo Subianto.

“Mesti ditanyakan sama presiden elect (terpilih),” kata Airlangga di kantornya.

Sebelumnya, nama-nama pengganti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang santer terdengar adalah eks bankir BUMN Budi Gunadi Sadikin yang kini menjabat sebagai Menteri Kesehatan. Ada juga nama Kartika Wirjoatmodjo yang kini duduk di kursi Wakil Menteri BUMN.

Nama lain yang juga beredar yakni Royke Tumilaar yang merupakan Direktur Utama BNI. Kemudian Mahendra Siregar yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA: Abdul Karim Al Jufri Dorong Program Presiden Terpilih Prabowo Bakal Terlaksana dan Dapat Dinikmati Oleh Seluruh Masyarakat

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close