Bimata

Paling Setia Dukung Prabowo, AIA Dinilai Paling Layak Diusung Gerindra di Pilgub Sulsel

BIMATA.ID, MAKASSAR – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) 2024 semakin dekat. Dinamika persaingan kandidat mendapatkan dukungan partai politik (parpol) pun kian memanas.

Salah satu parpol yang paling ‘seksi’ bagi kandidat ialah Gerindra. Meski bukan pemenang di Sulsel, tapi partai berlambang Garuda itu menguasai 13 kursi di parlemen.

Di samping itu, Gerindra adalah partai besutan Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto.

Tidak heran, sejumlah kandidat sibuk bermanuver untuk meraih dukungan Gerindra, yang memang tidak membuka penjaringan bakal calon gubernur. Sejauh ini, ada beberapa figur yang namanya menguat diusung partai nasionalis itu.

Nama pertama ialah Andi Iwan Darmawan Aras (AIA). Andi Iwan-sapaan akrabnya merupakan Ketua Gerindra Sulsel dan anggota DPR RI. Sedangkan nama kedua ialah petahana Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Pasalnya, dukungan partai tersebut terbilang sangat menentukan, karena memiliki kursi signifikan dan juga bisa didukung presiden terpilih Prabowo yang merupakan ketua partai Gerindra.

Dari sederet nama yang menguat diusung Gerindra, ia menilai Andi Iwan merupakan yang paling pas. Pertimbangannya, pria 48 tahun itu merupakan kader asli, bahkan berstatus ketua di tingkat provinsi. Jadi, autentisitasnya tidak perlu diragukan.

Pertimbangan lain, putera asli Jeneponto itu menyebut dari sisi loyalitas, maka Andi Iwan tentunya yang paling setia, baik kepada Gerindra maupun Prabowo Subianto. Meski Prabowo dua kali kalah di Pilpres, Andi Iwan tetap setia mendampingi dan terus membesarkan Gerindra.

Menurut doktor komunikasi politik itu, keunggulan itu tentunya tidak dimiliki kandidat lain, semisal Andi Sudirman. Sejauh ini, relasi yang terbangun antara Andi Sudirman dengan Gerindra dinilai kurang kuat.

Toh, sang petahana bukan kader dan kontribusinya pun jauh di bawah Andi Iwan dalam memenangkan Prabowo di Pilpres lalu.

“Soal usungan Gerindra, Andi Iwan unggul autentisitas dan loyalitas kader. Dibandingkan kandidat lain, bahkan misalnya petahana (Andi Sudirman), ya Andi Iwan paling layak dan pas diusung Gerindra,” ujar dia, Kamis (11/7/2024).

Exit mobile version