BeritaNasional

Ma’ruf Amin Harap Program Pengentasan Kemisikinan Terus Berlanjut di Pemerintahan Prabowo

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin berharap program pengentasan kemiskinan ekstrem terus berlanjut di pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto agar target penghapusan hingga 0 persen tercapai.

Menurut Ma’ruf, pemerintah sejauh ini sudah berhasil berkolaborasi mengentaskan kemiskinan ekstrem melalui dorongan tim nasional perencanaan penanggulangan kemiskinan ekstrem.

“Sinergisme ini terbukti berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrem dari tahun ke tahun. Saya berharap hal ini terus dilanjutkan pada masa pemerintahan yang akan datang agar angka kemiskinan ekstrem dapat mencapai target 0 persen,” kata Ma’ruf, Rabu (10/07/2024).

Baca Juga : Hadiri Rapat di Istana Kepresidenan, Prabowo Tunjukkan Dirinya Sehat di Depan Wartawan

Dia pun merinci, keberhasilan penurunan itu tercermin dari capaian dalam 10 tahun terakhir.

Pada tahun 2019, kemiskinan ekstrem nasional masih berada di angka 2,7 persen dan menurun drastis ke angka 0,83 persen pada Maret 2024.

“Tahun ini, kita telah berhasil mencapai target di angka 0-1 persen,” Jelasnya.

Selain kemiskinan ekstrem, Ma’ruf menerangkan, pemerintah juga berhasil menurunkan angka prevalensi stunting.

Prevalensi stunting pada tahun 2019 masih berada di angka 27,7 persen, namun telah berhasil diturunkan ke angka 21,5 persen di tahun 2023.

Ia menyatakan, angka ini akan terus diturunkan melalui program-program inklusi dari pemerintah untuk memitigasi dan menekan angka kelahiran bayi stunting di Indonesia.

“Kita harapkan mendekati 14 persen tahun ini,” tutur Ma’ruf.

Simak Juga : Dijenguk Jokowi Usai Jalani Operasi Cidera Kaki, Prabowo : Terima Kasih Presiden

Lebih lanjut dia menyampaikan, penanganan kemiskinan ekstrem dan penurunan angka stunting akan berpengaruh langsung pada peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

“SDM berkualitas akan membawa inovasi dan meningkatkan produktivitas sehingga memperkuat daya saing bangsa dan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close