BeritaEkonomiEnergiFoodKesehatanNasionalPeristiwaPerkebunanPertanianUmum

Jokowi: Pemerintahan Prabowo Akan Konsentrasi ke Isu Pangan dan Energi

BIMATA.ID, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengaku sudah mendapatkan laporan dari presiden terpilih Prabowo Subianto bahwa urusan pangan dan energi akan menjadi konsentrasi pemerintahan Prabowo kelak.

“Pemerintah Pak Prabowo sudah menyampaikan bahwa beliau akan berkonsentrasi di pangan dan energi,” ujar Jokowi di Merauke, Papua Selatan, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (24/7/2024).

Menurut Jokowi, pemerintahannya sudah mencoba untuk melakukan budidaya sejumlah tanaman di tanah Papua, misalnya dengan menanam padi, jagung dan tebu. Presiden mengakui, percobaan penanaman di Merauke sudah mengalami kegagalan pada dua kali percobaan.

BACA JUGA: Muhaimin Iskandar Sambut Baik Tawaran PKB Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Namun, ia mengeklaim bahwa percobaan penanaman yang ketiga sudah berhasil

“Yang sekarang menurut saya, tadi saya melihat mulai dari awal pembibitan dengan disebar, penanaman berbagai varietas, hasilnya juga kelihatan dicek, berapa ton per hektare, semua sudah secara saintifik sudah dijalani,” kata Jokowi.

Jokowi pun berpandangan bahwa daerah Merauke dan sekitarnya dapat dijadikan lumbung pangan karena pasokan air yang berlimpah.

“Kalau melihat di lapangannya, di sini air juga melimpah saya kira memang kesempatan untuk menjadikan Indonesia lumbung pangan di Merauke dan sekitarnya. Baik itu padi, baik itu jagung, maupun tebu,” ujar dia.

Di samping itu, Jokowi juga menyinggung permasalahan krisis pangan yang sedang melanda dunia. Ia mengatakan, krisis pangan terjadi akibat perubahan iklim sehingga menyebabkan musim kering yang panjang hingga gelombang pangan.

BACA JUGA: Muhaimin Iskandar Sambut Baik Tawaran PKB Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

“Dan kemandirian pangan, ketahanan pangan, kedaulatan pangan itu harus menjadi konsentrasi,” kata Jokowi

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close