BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Gerindra Sambut Usulan PKS Soal Pimpinan DPR Diisi Semua Fraksi

BIMATA.ID, Jakarta – PKS mengusulkan agar seluruh fraksi memiliki keterwakilan di jajaran Pimpinan DPR RI. Partai Gerindra mempersilakan usulan itu disapaikan secara demokratis.

“Itu hak mereka menyampaikan usulan. Silahkan disampaikan saja dengan mekanisme perubahan UU yang demokratis,” kata Waketum Gerindra, Habiburokhman saat dihubungi wartawan, Selasa (9/7/2024).

BACA JUGA: Elit PDIP Sebut Proyek IKN Akan Mengendur Era Prabowo, Pengamat Nilai PDIP Sedang Membiasakan Diri Jadi Oposisi

Menurutnya jumlah pimpinan DPR tidak perlu menimbulkan pro dan kontra. Sebab, dia menilai usulan tersebut hanya mengatur anggota DPR bukan untuk mengatur rakyat.

“Intinya sederhana, ini hanya soal kesepakatan model seperti apa yang lebih pas diterapkan. Soal jumlah pimpinan DPR nggak perlu terlalu banyak pro kontra di tingkat publik, karena hahya mengatur anggota DPR, tidak mengatur rakyat banyak secara langsung,” tuturnya.

Wakil Ketua Komisi III DPR ini mengatakan, apabila sebagian besar anggota DPR setuju mengubah aturan untuk merealisasikan usulan tersebut, maka akan diubah. Namun sebaliknya, jika tidak mendapat persetujuan maka akan tetap sama.

“Kalau sebagian besar anggota DPR setuju ya kita rubah, sebaliknya kalau tidak mendapat persetujuan akan tetap seperti ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden PKS, Ahmad Syaikhu mengusulkan agar seluruh fraksi memiliki keterwakilan sebagai pimpinan di DPR RI. Sehingga, akan mempermudah komunikasi politik di dalam Senayan.

BACA JUGA: Menparekraf Dapat Arahan Jokowi Untuk Era Prabowo, Sandiaga Uno: Mendatangkan Event Olahraga Berkualitas

“Nah untuk di DPR tentu ini lebih sedikit hanya sekadar fraksi-fraksi di DPR RI. Nah tentu masih lebih memungkinkan untuk itu diwujudkan sehingga seluruh fraksi ada keterwakilan sebagai pimpinan DPR,” kata Syaikhu dalam konferensi pers di Kantor DPTP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (8/7).

Syaikhu menilai adanya setiap fraksi di kursi pimpinan akan mudah mempermudah proses komunikasi dengan keterwakilan seluruh partai politik.

“Saya kira ketika tadi melakukan komunikasi antara partai politik ini akan lebih mudah ketika keterwakilan di pimpinan semua ada keterwakilan,” ungkapnya.

Usulan Syaikhu ini kemudian langsung ditanggapi langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). Dia mengatakan pihaknya menyambut baik atas usulan ini.

“Kalau wacana ini bisa diakomodir, dibicarakan dan diwujudkan, saya pribadi menyambut baik. Karena saya sendiri merasakan manfaat dari seluruh perwakilan partai politik ada di pimpinan MPR. Jadi kalau DPR bisa meniru, itu sangat baik,” kata Bamsoet.

Bamsoet juga mengatakan hal senada seperti yang disampaikan Syaikhu menyoal proses komunikasi antar partai politik di parlemen. Dia mengaku kemudahan komunikasi memang terasa ketika setiap parpol memiliki keterwakilan di kursi pimpinan.

BACA JUGA : Menparekraf Dapat Arahan Jokowi Untuk Era Prabowo, Sandiaga Uno: Mendatangkan Event Olahraga Berkualitas

“Saya sendiri sebagai ketua MPR merasakan manfaat luar biasa ketika seluruh perwakilan fraksi partai politik berada di pimpinan MPR. Komunikasi kami menjadi lebih lancar dengan pimpinan partai politik,” ujarnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close