BeritaPolitik

Budisatrio : Pentingnya Pembangunan Pertanian Sebagai Langkah Menuju Swasembada Pangan

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Budisatrio Djiwandono menekankan pentingnya pembangunan pertanian di wilayah perbatasan sebagai langkah menuju swasembada pangan.

Menurut dirinya, daerah perbatasan dan pedesaan memiliki potensi besar untuk menjadi lumbung pangan nasional.

“Wilayah-wilayah perbatasan dan pedesaan berpotensi menjadi lumbung pangan nasional. Pengembangan kawasan ini perlu dijadikan dasar dalam mengembangkan komunitas-komunitas pertanian yang berdaya saing,” kata Budisatrio, Selasa (02/07/2024).

Budisatrio yang juga sebagai Ketua Umum DPP Pemuda Tani Indonesia (2021-2026) ini mengajak seluruh pihak, termasuk pemerintah untuk berani mempromosikan produk-produk pertanian dalam negeri jika swasembada pangan telah terwujud.

Baca Juga : Prabowo Beri Hormat Saat Jokowi Menyapa Dalam Ultah Bhayangkara ke 78

Hal tersebut juga perlu diimbangi dengan pengendalian impor pangan yang saat ini membanjiri pasar domestik.

“Ketika swasembada ini sudah di depan mata, maka kita harus berani mempromosikan produk-produk pertanian dalam negeri untuk masuk ke pasar-pasar ekspor. Yang paling penting adalah mengendalikan impor-impor pangan yang saat ini membanjiri pasar domestik,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, gagasan tersebut mencerminkan visi Gerindra dalam memperkuat ketahanan pangan nasional.

Budisatrio menilai bahwa dengan mengembangkan pertanian di wilayah perbatasan, Indonesia tidak hanya memperkuat ketahanan pangan tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

Dalam pandangannya, wilayah perbatasan seringkali kurang mendapatkan perhatian yang memadai, padahal potensinya sangat besar.

Oleh karena itu, pengembangan pertanian di daerah perbatasan harus menjadi prioritas dalam agenda pembangunan nasional.

“Kawasan perbatasan memiliki potensi luar biasa yang belum tergarap maksimal. Pengembangan pertanian di sana tidak hanya akan meningkatkan produksi pangan nasional tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” ujarnya.

Simak Juga : Sudah Punya Cagub Jakarta Pilihan, Prabowo Siap Beri Kejutan

Budisatrio pun menyoroti pentingnya inovasi dan teknologi dalam mengembangkan pertanian di wilayah perbatasan.

Menurutnya, penerapan teknologi pertanian yang tepat akan meningkatkan produktivitas dan kualitas produk pertanian.

“Kita harus mengintegrasikan inovasi dan teknologi dalam pengembangan pertanian. Penerapan teknologi yang tepat akan meningkatkan produktivitas dan kualitas produk pertanian, sehingga mampu bersaing di pasar internasional,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close