BeritaPolitikRegional

BesTina Nyakola Dapat Apresiasi Dari Kades Jabar Terkait Masifnya Pelatihan ke Ibu Rumah Tangga di Jabar

BIMATA.ID, Jabar – BesTina Nyakola dan Yayasan Eka Nusa Satia menggelar agenda ini di Dusun Awiluar, Desa Jambar, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Ahad (14/07/2024) dengan peserta dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Sahati.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj. Tina Wiryawati, S.H., M.M., yang juga merupakan inisiator BesTina Nyakola, hadir langsung sebagai narasumber.

Kehadiran Anggota Fraksi Gerindra ini membuat Kepala Desa Jambar, Juhari, merasa terharu dan bangga.

Saat memberikan sambutan, Juhari sempat terhenti sejenak karena terharu. Ia mengaku, selama ini wilayahnya jarang dikunjungi oleh pejabat, terutama dari tingkat provinsi.

“Saya sangat mengapresiasi konsistensi Ibu Tina yang mau datang langsung untuk membina para ibu rumah tangga di wilayah kami demi mengangkat derajat ekonomi keluarga,” ujar Juhari.

Baca Juga : Nauvar Furqani Sampaikan Rasa Terima Kasih Kepada Prabowo Atas Amanah yang Diberikan Tuk Maju di Pilkada 2024

Menurutnya, banyak legislator atau pejabat hanya datang menyapa warga saat membutuhkan dukungan dalam Pemilu atau  Pilkada, namun jarang kembali setelah terpilih.

Pada setiap pelatihan keterampilan praktis yang digagas BesTina Nyakola, peserta diberikan praktik membuat sesuatu yang bernilai ekonomis yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Bekal keterampilan ini diharapkan bisa menjadi stimulan bagi para ibu dalam membangun usaha rumahan untuk menambah penghasilan keluarga.

Tina Wiryawati berharap para anggota KWT tidak hanya berhenti pada kemampuan menanam tanaman bermanfaat. Ia mendorong para anggota untuk menghasilkan sesuatu dari hasil tanaman mereka.

“Selain menanam, para ibu ini bisa mengolah dan bahkan menjualnya untuk menambah penghasilan keluarga,” jelas Tina.

Di masa mendatang, diharapkan para anggota KWT ini bisa menghasilkan produk rumahan yang akan dibangun dalam sebuah komunitas UMKM serta semacam warung KWT.

Simak Juga : Perbatasan Indonesia – Papua Nugini Rawan Dilintasi OPM, Prabowo : Kerjasama Dengan Papua Termasuk Dalam Menjaga Perbatasan

Pelatihan ini juga akan menjangkau aspek lain seperti mendapatkan modal usaha dan pemasaran produk.Untuk pelatihan keenam ini, para anggota KWT Sahati diberikan tata cara membuat pasta gigi herbal berbahan dasar sirih dan charcoal.

Para ibu peserta pelatihan mengikuti arahan mentor, Mbak Sera, dengan antusias dan gembira.

Selain di Kabupaten Kuningan, pelatihan keterampilan BesTina Nyakola dan Yayasan Eka Nusa Satia ini digelar juga di 3 kabupaten/kota lainnya, yakni di Kabupaten Ciamis, Pangandaran dan Kota Banjar.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close