BeritaInternasionalNasionalPeristiwaPolitikUmum

Wakili Presiden Jokowi, Prabowo ke KTT Yordania Dukung Gencatan Senjata di Gaza

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat dari Jakarta menuju Yordania pada Minggu (9/6/2024) malam. Prabowo ke Yordania untuk menyampaikan dukungan Indonesia terhadap gencatan senjata di Gaza, Palestina, dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) di Amman, Yordania, pada Selasa (11/6/2024).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal TNI Edwin Adrian Sumantha menjelaskan bahwa KTT tersebut diinisiasi oleh Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sissi, Raja yordania Abdullah II bin Al-Hussein, dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

BACA JUGA :Partai Koalisi Prabowo Tak Tertarik Dukung Anies Baswedan

“Konferensi ini diadakan untuk menanggapi seruan gencatan senjata di Gaza dengan tujuan agar para pemimpin negara dapat menemukan cara untuk memperkuat respons komunitas internasional terhadap krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung di Gaza,” ujar Edwin dikutip dari Antara, Senin (10/6/2024).

KTT yang mengusung tema “Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza” atau “Seruan Aksi Tanggap Darurat Bencana Kemanusiaan di Gaza” ini dijadwalkan berlangsung pada Selasa (11/6/2024). Prabowo dijadwalkan tiba di Amman, Jordania pada Senin (10/6/2024).

“Diharapkan dengan kehadiran perwakilan dari Pemerintah Indonesia dalam konferensi ini, kita dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya bersama menangani krisis kemanusiaan di Gaza,” kata Brigjen Edwin.

Selain menghadiri KTT, Prabowo juga dijadwalkan bertemu dengan sahabat lamanya, Raja Yordania.

BACA JUGA: Gerindra Beberkan Isi Pembicaraan Prabowo dan Gibran di Hambalang

Pada KTT di Yordania ini, sejumlah negara, termasuk Australia, juga mengirimkan perwakilannya untuk duduk bersama membahas strategi gencatan senjata di Gaza. Australia mengirimkan Menteri Pendidikan Dini Anne Aly untuk menghadiri pertemuan tersebut.

Paus Fransiskus dari Vatikan juga menyatakan dukungannya terhadap KTT di Yordania ini. Dia mengucapkan terima kasih atas inisiatif dari presiden Mesir, raja Yordania, dan sekjen PBB.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close