BeritaPolitikRegional

Partai Gerindra Kembali Jadi Partai Teratas di Sumbar

BIMATA.ID, Jakarta – Spektrum Politika merilis elektabilitas partai di wilayah Sumatera Barat. Partai Gerindra kembali jadi partai teratas di Sumatera Barat, meski pada Pemilu Februari 2024 sempat turun ke nomor dua.

Peneliti Spektrum Politika Ilham Adelino Azre menyebutkan, survei berasal dari pengambilan data 22-27 April 2024 di 19 Kabupaten dan Kota di Sumbar. Spektrum mengambil 1.200 sampel dengan wawancara langsung tatap muka. Semua surveyor dilakukan supervisi dengan keakuratan data margin of error +- 2,9 persen.

Gerindra menempati posisi teratas dengan 16,10% elektabilitas, disusul PKS 15,30% dan NasDem 14,00%.

Baca Juga: DPC Gerindra Batang Terima Dua Calon Untuk Ikuti Pilkada 2024

“Hal ini berdasarkan pertanyaan, jika Pemilu legisilatif dilakukan sekarang, siapa yang akan Bapak, bu, Saudara pilih. Jadi, ada sedikit perubahan yang terjadi dengan hasil Pemilu 2024 yang menempatkan Partai NasDem di urutan pertama Pileg DPR RI, disusul Gerindra dan PKS,” kata Azre dalam keterangannya, Selasa (4/6/2024).

Azre mengatakan unggulnya Partai Gerindra dalam pilihan DPR RI dipengaruhi oleh kinerja dan kerja politik Andre Rosiade. Menurutnya, Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar yang juga anggota DPR RI asal Sumbar ini seperti tiada henti bekerja membantu masyarakat dan terus berlanjut pasca-Pileg 2024. Andre, Gerindra dan para kadernya disebut terus berbuat untuk masyarakat.

“Kerja politik Andre Rosiade tidak hanya terbatas dalam kontestasi pemilihan. Tidak karena adanya Pileg, Pilkada atau Pilgub Sumbar dan lainnya maka bekerja. Hal inilah yang membedakan dengan partai lain yang cenderung diam dan senyap pasca-Pileg 2024,” kata Azre.

Azre mengatakan, selain Gerindra, survei partai lain cenderung statis. Partai Gerindra mengalami peningkatan elektoral (tingkat keterpilihan) yang baik.

Baca Juga: DPD Gerindra NTB Tunggu Keputusan Pusat Rekomendasi Pilkada NTB 2024

“Hal ini menjadi catatan penting untuk ke depan, bahwa bekerja untuk masyarakat tidak hanya sekadar kepentingan elektoral semata, tapi banyak hal yang bisa mengikutinya,” tutup Azre.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade menyebutkan, kembalinya Gerindra di puncak survei memang bukan tanpa alasan. Ia mengatakan pascapencoblosan, kader-kader Gerindra tidak berhenti berbuat dan bekerja untuk masyarakat.

“Kami terus berkonsolidasi dan bergerak untuk Masyarakat. Saat orang-orang tiarap, Gerindra terus bekerja membantu warga,” jelas Andre Rosiade.

Andre mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sumbar yang mempercayakan pilihan partainya kepada Gerindra. Ia akan terus memicu semangat para kader untuk berbuat membantu masyarakat.

“Itu adalah arahan dari Ketua Umum Gerindra pak Prabowo Subianto. Semoga Gerindra terus konsisten dalam mengemban amanah Masyarakat,” katanya.

Berikut hasil lengkap survei elektoral partai di Sumbar:

Gerindra 16,1%

PKS 15,3%

NasDem 14,0%

PAN 12,9%

Golkar 11,3%

Demokrat 7,0%

PKB 4,3%

PDIP 3,0%

PPP 0,9%

Harnura 0,5%

Perindo 0,4%

Gelora 0,2%

PBB 0,2%

Buruh 0,1%

PSI 0,1%

Partai Umat 0,1%

Tidak tahu/tidak menjawab 13,0%

Simak Juga: Prabowo Laporan ke Jokowi Soal Hasil Kunker di Singapura, Soal Gaza hingga Ukraina

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close