BeritaInternasionalNasionalPeristiwaPolitikUmum

Momen Hangat Prabowo Rangkul Presiden Timor Leste Ramos Horta di Tengah Forum IISS Shangri-la

BIMATA.ID, Jakarta – Di sela-sela gelaran The International Institute for Strategic (IISS) Shangri-La Dialogue 2024 yang diadakan di Singapura, terekam momen menarik saat Menteri Pertahanan RI yang juga presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta.

Prabowo dan Horta saling berpelukan serta berbincang bersama sambil berjalan menuju meja jamuan makan malam pada Jumat (31/5). Prabowo yang hadir mengenakan jas hitam terlihat tertawa bersama, merangkul, dan menepuk pundak Horta. Suasana diskusi dua tokoh bangsa tersebut larut dalam momen yang hangat.

BACA JUGA: Prabowo Bertemu Menhan AS, Apresiasi Dukungan Terhadap Kerjasama Modernisasi Alutsista RI

Dalam sesi tanya jawab, Prabowo bahkan mengungkapkan bagaimana Indonesia yang dulunya memiliki konflik dengan Timor Leste, namun kini menjadi sahabat baik.

“Bisa dibayangkan, sekarang saya duduk bersama Ramos Horta. Dia mengundang saya untuk ke Timor Leste dan saya pertimbangkan untuk hadir,” ucap Prabowo.

Indonesia, lanjut Prabowo, memiliki sejarah yang panjang dengan negara-negara tetangga seperti Timor Leste, Malaysia, dan Singapura. Meski konflik pernah terjadi, namun upaya untuk menurunkan ketegangan terus dilakukan.

“Kami menyelesaikan perbedaan-perbedaan kami tanpa campur tangan kekuatan eksternal manapun. Kita menyelesaikan perbedaan-perbedaan kita, kita mengakhiri pertikaian dengan Malaysia dan Singapura,” kata Prabowo.

BACA JUGA: Prabowo Temui PM Singapura yang Baru, Beri Selamat dan Bahas Kerja Sama Pertahanan Antar Negara

“Sekarang kita seperti saudara. Sekarang kita berbicara tentang membuat, mungkin sebuah jembatan antara Singapura dan Batam, jembatan antara Malaysia dan Indonesia,” lanjutnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close