BeritaNasionalPolitik

Litbang Kompas: Mayoritas Publik Yakin Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Terwujud

BIMATA.ID, Jakarta – Hasil survei Litbang Kompas terbaru menunjukkan bahwa sebanyak 57,3 persen percaya bahwa program makan gratis di bawah pemerintahan Prabowo-Gibran akan berjalan dengan baik. “Beragam problem kehidupan perekonomian masyarakat, seperti ketersediaan lapangan pekerjaan, persoalan pemenuhan dan ketergantungan produk pangan, hingga program makan siang gratis, diyakini akan berjalan baik,” tulis Litbang Kompas dalam surveinya yang diterbitkan di Kompas.id, Sabtu (22/6).

Lihat Juga: Habiburokhman : Prabowo Effect Diprediksi Lebih Dominan Ketimbang Jokowi Effect

“Khusus terkait program pemberian makan siang gratis, misalnya, lebih dari separuh (57,3 persen) meyakini akan terwujud.” Adapun sebanyak dua pertiga bagian publik atau 68,5 persen responden survei itu pun yakin bahwa Prabowo-Gibran dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dengan lebih baik daripada yang pernah ditorehkan selama ini. Berdasarkan survei tersebut, publik percaya pemerintahan yang baru nanti mampu mengatasi masalah terkait perekonomian masyarakat seperti ketersediaan lapangan pekerjaan, persoalan pemenuhan dan ketergantungan produk pangan.

Mayoritas responden juga meyakini, berbagai masalah makro ekonomi hingga persoalan pemenuhan kebutuhan ekonomi riil yang menjadi keseharian masyarakat akan menjadi lebih baik.

Baca Juga: 34 Kelompok Relawan Pilpres 2024 Minta Prabowo Usung Sudaryono di Pilgub Jateng 2024

Selain itu, survei turut menunjukkan tingkat kepercayaan publik bahwa pemerintahan Prabowo-Gibran mampu mendorong Indonesia menjadi lebih baik dalam beberapa aspek. Sebanyak 83,6 persen responden yakin Prabowo-Gibran dapat meninggikan martabat bangsa Indonesia di mata dunia internasional; 83,6 persen yakin pertahanan negara akan semakin kuat dan 69,0 persen percaya swasembada pangan akan terealisasi. Kemudian, sebanyak 67,6 persen yakin nilai tambah pengolahan hasil alam (hilirisasi) akan meningkat; 64,8 persen percaya pemberantasan korupsi dan 62,4 persen yakin lapangan pekerjaan bertambah. Tidak hanya itu, 72,4 persen responden yakin pemerintahan Prabowo-Gibran mampu menyelesaikan pembangunan IKN.

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka yang diselenggarakan Litbang Kompas pada 27 Mei-2 Juni 2024. 51,1%. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian kurang lebih 2,83 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Survei tersebut dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas (PT Kompas Media Nusantara).

Simak Juga: 35 DPC Gerindra Sejawa Tengah Dukung Sudaryono Maju Pada Pilkada 2024

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close