BeritaNasionalPeristiwaPolitikRegional

Legislator Gerindra Usul ke Nadiem Soal Pembentukan Kementerian Kebudayaan

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Nuroji telah mengusulkan agar pemerintah membentuk Kementerian baru yang mengurusi soal kebudayaan. Hal itu disampaikan dalam rapat kerja antara Komisi X dengan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim.

Menurutnya, selama ini fungsi pendidikan diampu oleh dua Kementerian sekaligus, yakni Kemendikbud, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Sekedar usul dan menjadi catatan, karena fungsi kebudayaan ada di pariwisata dan pendidikan, jadi kami usul saja mungkin diperjuangkan,” kata Nuroji dalam rapat kerja di Gedung DPR RI, Jakarta, pada Kamis, (13/6/2024).

Baca juga: Prabowo: Negara-negara Afrika Lihat Indonesia sebagai Contoh Keberhasilan

Mengenai hal tersebut, Komisi X, dan Kemendikbud akan menggelar rapat kerja untuk membahas pagu indikatif tahun 2025.

Diketahui, dalam rapat tersebut akan disepakati pagu indikatif Kemendikbud sebesar Rp 108 triliun.

Sekedar informasi, Presiden terpilih, Prabowo Subianto memang pernah menyinggung soal pembentukan Kementerian Kebudayaan. Dalam sesi debat calon presiden 2024 yang dihelat Minggu, 4 Februari 2024 lalu, Prabowo mengatakan, sepakat dengan pesaingnya Anies Baswedan mengenai pembentukan pembentukan kementerian khusus untuk kebudayaan.

Lihat juga: Prabowo Ajak Pemerintah Negara-negara Lain Desak Israel Hentikan Serangan

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close